Monday, 17 October 2016

Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver

Gambar Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver

Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver, majalahikan.com | Awana Black Brazil atau Arowana Hitam memiliki nama latin Osteoglossum ferreirai, adalah jenis ikan hias air tawar ikan bertulang dari keluarga Osteoglossidae.


Judul yang admin tulis di atas, memang benar adanya bahwasanya ikan arwana yang satu ini hampir serupa dengan ikan arwana silver. Selain dari warna, sikap, resistensi ( ketahanan atau daya tahan terhadap sesuatu ) yang sangat tinggi. Yang terkadang membuat pemula terkecoh dengan penampilan kedua arwana ini.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini majalah ikan tidak akan menjelaskan perbedaan dari ikan arwana black brazil dengan ikan arwana silver. Karena perbedaan tersebut sudah majalah ikan bahas di tulisan sebelumnya yang berjudul : Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya. Silahkan sahabat lihat di sana.

Sedangkan untuk kali ini majalah ikan akan berbagi khusus ikan arawana black brazil ini.

Klasifikasi Ikan Awana Black Brazil Dan Penjelasanya


Gambar, Foto Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver

Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Osteoglossiformes
Keluarga:     Osteoglossidae
subfamili:     Osteoglossinae
Marga:     Osteoglossum
Jenis:     O. ferreirai
nama binomial: Osteoglossum ferreirai


Ikan Awana Black Brazil adalah salah satu dari jenis ikan arwana yang habitatnya adalah perairan yang masih dari Negro basin Sungai ( Brazil dan Kolombia ) dan atas Essequibo River basin ( Guyana ) di Amerika Selatan. Dan biasanya dapat ditemukan berkembang air yang tenang, asam dengan banyak vegetasi.

Ciri ciri Ikan Awana Black Brazil ini memiliki tubuh memanjang, ekor meruncing, dan dapat tumbuh sampai ukuran maksimum 90 cm (35 in).

Untuk ikan yang masih remaja warna hitamnya dengan tanda kuning di sepanjang tubuh, kepala dan juga ekor. Setelah mencapai sekitar 15 cm, warna kuningnya menghilang dan akan berubah menjadi warna abu-abu gelap ke warna biru. Selain itu, ada juga ikan arwana hitam yang sirip dorsal dan sirip ekor berwarna kuning dan merah.

Ikan Awana Black Brazil ini juga disebut monyet air atau ikan monyet, karena dapat melompat keluar dari air untuk menangkap  mangsanya . 

Biasanya berenang dekat permukaan air untuk mencari makanan, meskipun telah dikenal untuk makan mangsa yang lebih besar seperti kelelawar, burung dan bahkan monyet kecil, akan tetapi makanan utama mereka terdiri dari udang, serangga, ikan kecil dan hewan lainnya yang mengapung di permukaan air.


Cara Merawat Ikan Awana Black Brazil Di Akuarium


Gambar Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver dan cara merawatnya

Cara merawat ikan hias air tawar ini memerlukan akuarium yang ukuranya jumbo atau besar, itu karena ikan predator hias asal Amerika ini dapat tumbuh hingga hampir satu meter.

Atau idealnya dalam merawat ikan arwana ini akuarium panjangnya 3 kali panjang tubuhnya, sedangkan lebar akuarium 1,5 kali panjang tubuhnya.

Selain ukuran akuarium, pemberian tutuk yang kokoh pada akuarium juga sangat penting, itu karena ikan arwana ini adalah pelompat yang handal, seperti penjelasan di atas yang mana mampu memangsa kelelawar, burung bahkan monyet dengan lompatanya.

Arowana hitam atau ikan awana black brazil ini dapat beradaptasi dengan pasokan air antara suhu: 24 ° C hingga 28 ° C, akan tetapi suhu air terbaik untuk memelihara arwana ini adalah 26 ° C

Melakukan perubahan atau mengganti air sekitar 25-30% 1-2 kali setiap seminggu sangat disarankan untuk menjaga kondisi airtetap dalam kondisi bagus.

Seperti kebenyakan ikan predator lainya, merawat ikan arwana hitam juga memerlukan filtrasi yang baik, agar air terbebas dari kotoran, menghilangkan penumpukan racun amonia dan nitrat sehingga air bisa bernapas.

Untuk pemeberian pakan, bisa juga arwana hitam ini diberi
serangga, udang, ikan hidup, jantung sapi, kodok, dl, sedangkan pakan arwana yang baik jangkrik hidup, dan udang.
Pemberian pakan berupa ikan kecil terkadang kurang bagus untuk ikan arwana ini, karena terkadang ikan kecil ini membawa bibit penyakit yang bisa menular atau membahayakanya.

Baca Juga : Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Pemberian kayu apung dan juga subtrats kerikil dan pasir halus pada akuarium juga akan menambah kesan alami. Ditambah dengan tanaman aquascape yang tidak mengalangi renang ikan arwana hitam ini, tentunya akan menjadikan rumah yang nyaman baginya.

Gambar Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver Dicampur Dengan Ikan Hias Lain

Jaguar Cichlid, Ikan Palmas, Dan Datnoit merupakan jenis ikan hias yang bisa dicampur dengan ikan arwana hitam.

Demikianlah ulasan Ikan Awana Black Brazil, Arwana Hitam Yang Mirip Dengan Silver , semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus