Sunday, 16 October 2016

Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya

Gambar Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya

Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | ikan arwana silver (Osteoglossum bicirrhosum) atau juga akrab dengan nama ikan arwana brazil, merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan.

Ikan arwana silver juga termasuk dari salah satu jenis ikan arwana yang juga digemari dan diburu oleh para pecinta ikan hias. Mungkin alasanya harga ikan arwana silver tidak terlalu mahal, yang bahkan bisa dibilang lebih murah bila dibandingkan dengan ikan arwana jardini. Akan tetapi ketika ikan arwana silver ini sudah dewasa atau berukuran besar akan nampak indah sekali ketika bertengger di akuarium sahabat.

Nah pada kesempatan kali ini, majalah ikan ingin berbagi pada sahabat semua perihal ikan arwana silver ini. Alasan kenapa majalah ikan mengulasnya, itu karena ikan predator yang berwarna silver ini terkadang membingungkan hobiis yang ingin memilikinya. Kenapa membingugkan? karena ada ikan arwana jenis lain yang juga memiliki warna seperti arwana silver, yakni ikan arwana black brazil.

Akan tetapi sebelumnya sahabat ingin kami ajak menengok sikelas tentang ikan arwana silver ini.



Sekilas Info Tentang Ikan Arwana Silver


Gambar Serta Foto Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya

Walaupun tidak sepopuler ikan rawana super red yang dari kalimantan akan tetapi ikan arwana silver juga tidak sedikit yang menaruh hati padanya.

Ikan arwana ini berasal dari  sungai amazon, sungai Rupunini, dan Oyapok di Amerika Selatan, serta terdapat juga di guyana. Yang memiliki nama latin atau ilmiah Nama ilmiah: Osteoglossum bicirrhosum sedangkan klasifikasi lebih tingginya: Osteoglossum.

Di alam liar ikan ini adalah predator yang memangsa katak, udang, ikan, kadal, kelabang, kura kura, krustacea. Selain itu, seperti kita lihat bahwasanya di pinggiran pinggiran sungai amazon ada banyak pohon yang juga di buat bersarang oleh burung burung liar ataupun serangga. Nah ikan arwana silver ini mampu memangsa burung yang ada di dahan pohon dengan cara melompat.


Bukan hanya burung dan serangga, bahkan kelelawar dan monyet yang pas dimulutnya juga kadang menjadi santapan ikan arwana silver ini. Itu sebabnya ikan arwana jenis ini juga populer dengan ikan arwana monyet.

Ada beberapa versi mengenai ukuran arwana silver ini. Ada yang bilang ukurannya bisa mencapai 76-91,5 cm. Ada juga yang menulis 120 cm. Sedangkan ikan arwana terbesar dari jenis silver ini adalah 122 cm. Akan tetapi yang umumnya di akuarium ukuran ikan arwana silver ini adalah 60 hingga 78 cm.

Walaupun ikan arwana silver ini populasinya di alam bebas sudah mulai menyusut, akan tetapi ikan ini belum masuk kategori ikan yang dilindungi dan tidak masuk dalam daftar  IUCN. Tidak seperti jenis ikan arwana asia, yang mana sudah dilindungi dan masuk dalam daftar IUCN. Akan tetapi ikan arwana silver ini akan terancam punah bila tidak ada usaha untuk melestarikan.

Nah itulah sekelumit tentang ikan arwana silver yang masih berada di alam bebas. Sedangkan ikan arwana silver yang beredar di pasaran, baik anakan maupun yang sudah dewasa adalah hasil dari budidaya.

Budidaya ikan arwan silver kurang diminati oleh petani, itu karena harga ikan arwana silver dipasaran kurang begitu menggiurkan.



Cara Membedakan Ikan Arwana Silver Dengan Ikan Arwana Black Brazil


Seperti pada penjelasan di atas, bahwasanya ada beberapa hobis yang terkadang suka dibuat bingung dengan ikan arwan siver dan arwana black brazil.


Nah sebelum kita bicara cara merawat ikan arwana silver, sahabat harus sudah bisa membedakan dulu dari kedua ikan arwana yang hampir mirip tersebut.

Dan berikut adalah ciri ciri ikan arwana silver:


Foto Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya

Bentuk tubuh ikan arwana silver: Pipih serta memanjang, dan pangkal ekornya mengecil.
Cara berenang ikan arwana silver: Meliuk liuk seperti ular lembut dan juga santai.
Sisik ikan arwana silver :  warna yang berkilau perak kehijaun.
Ring sisik :  warna hijau muda agak kemerahan 
Sirip punggung, ekor dan bawah :  warna merah muda
Selaput sirip :  warna hijau toska dan garis warna merah

Sungut: warna biru tua

Ciri Ciri Ikan Arwana Black Brazil:


Gambar Dan Foto Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya

Bentuk tubuh :  pipih dan panjang, juga paga pangkal ekor mengecil

Warna tubuh :  warna putih yang berkilau perak agak kebiruan. Jika ukuran arwana Black Brazil sudah mencapai 20 cm warna tubuh dan siripnya memiliki warna biru muda dan biru tua yang dominan

Sirip : berwarna biru muda juga biru tua dan berwarna merah pada bagian tepi sirip.

Pangkal ekor : hitam



Kisaran Harga Ikan Rawana Silver


Ini hanya kisaran harga, jadi sahabat jangan berpatokan penuh dengan harga yang akan disebutkan nanti, karena kualitas ikan yang terpenting dan berpengaruh untuk menentukan harga ikan.

Harga ikan arwana silver yang masih anakan kisarana 250 per ekornya. Sedangkan harga ikan arwana silver dewasa bisa menapai 2 jutaan.



Cara Merawat Ikan Arwana Silver Di Akuarium


Gambar Dan Juga Foto Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya

Nah ketika sahabat sudah bisa membedakan ikan arwana silver dengan ikan arwana black brazil, dan menemukan ikan arwana silver pilihan sahabat, sekarang saatnya sahabat merawat ikan arwana silver kesayangan sahabat dengan baik, agar tumbuh optimal.

Ikan arwana sebenarnya termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara. Meski begitu, memelihara ikan ini juga tidak boleh asal asalan, untuk itu admin berharap cara merawat ikan arwana silver berikut ini bisa sedikit membantu sahabat.

Yang pertama sahabat siapkan adalah akuarium, ukuan akuarium yang terbaik untuk merawat ikan arwana sahabat adalah 3 kali dari total panjang ikan yang akan dipelihara, sedangkan untuk ukuran lebarnya adalah 1,5 kali panjang ikan. Akan tetapi yang paling baik sebenarnya sedikit lebih besar dari ukuran tadi.


Merawat ikan arwana ini adalah kesalahan fatal jika menggunakan akuarium yang ukuranya kurang pas dengan yang diharapkan sang ikan sendiri. Karena jika terlalu sempit maka ikan ini akan terus saja melompat dan itu akan membahayakanya.

Walaupun dengan memberi penutup, kalau ukuran akuariumya tidak ideal tetap saja arwana silver ini akan melompat dan terus melompat menabrak nabrak tutup akuarium. Untuk itu hal paling penting yang pertama sahabat siapkan adalah akuarium sesuai kebutuhan ikan.

Yang perlu diingat dalam memelihara ikan arwana ini, jangan memeliharanya lebih dari satu ekor dalam satu akuarium. Kecuali jika arwana lebih dari 6 ekor dalam satu akuarium tidaklah bermasalah.

Akuarium sebaiknya sahabat tempatkan di tempat yang tidak terlalu ramai, agar ikan arwana sahabat tidak setres. Dan setelah ikan arwana sahabat sudah merasa nyaman di akuaium tersebut, sebisa mungkin jangan memindah mindah ke akuariuam lainya, karena akan susah untuk beradaptasi lagi.

Setelah akuarium, sahabat juga sabaiknya mengatur pH air yang menyerupai air pada habitat aslinya.  (pH 6.5 - 7.0) adalah yang direkomendasikan.

Untuk suhu air yang paling direkomendasikan dalam memelihara ikan arwana silver sahabat adalah antara 26 - 30 °C. Mengatur suhu agar tetap stabilakan sangat baik untuk arwana silver sahabat, karena perubahan suhu yang mendadak bisa menyebebkan ikan shok dan dapat memicu berbaga masalah.

Air sebaiknya diganti setiap satu minggu sekali, sebanyak  25 - 30 %. Yang perlu diperhatikan dalam mengganti air , menjaga pH air tetap sama seperti sbelu di ganti.

Yang terpenting dalam menganti air ini jangan sampai 100 %.

Untuk lampu akuarium bisa sahabat sesuaikan, yang terpenting dan harus sahabat ingat jangan sampai menyalakan lampu secara tiba tiba atau mendadak, agar ikan tidak stres.

Pemberian pakan untuk Arowana dapat dilakukan 1-2 hari sekali (mengikuti pola diet di habitat aslinya). Baca juga : Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

pada umumnya ikan arwana hanya mau diberi makan dengan pakan hidup, seperti misalnya : jangkrik, katak (bukan kodok) , lipan, dan hewan-hewan kecil lainnya.

Pemberian pakan terlalu sering dan ambil sisa pakan yang tidak diabiskan untuk menjaga kualitas air tetap baik.


Jika sahabat hendak mencampur ikan arwana silver dengan jenis ikan lain, tentunya sahabat harus mengetahui dahulu sifat ikan yang akan menjadi teman seakuariumnya.

Ikan yang bersifat damai kurang cocok dengan arwana silver, karena bisa berujung menjadi mangsa ikan arwana silver. Untuk ikan yang pas dan juga sering disatukan oleh para hobiis ikan arwana adalah dari jenis catfish, ikan palmas dan sapu sapu atau pleco yang ukuranya sama, serta ikan cicild yang kurang agresif.

Ikan arwan ini bisa menjadi pendamping keseharian sahabat hingga tua nanti. Pasalnya arwana termasuk jenis ikan hias air tawar yang berumur panjang.

Demikianlah ulasan majalah ikan tentang Ikan Arwana Silver, Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya serta cara membedakan dengan ikan arwana black brazil. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua