Sunday, 16 October 2016

Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya

Gambar Dan Foto Harga Ikan Arwana Irian

Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com. Arwana irian merupakan salah satu dari jenis ikan arwana yang juga memiliki keindahan yang sempurna, walaupun level keindahanya masih dibawah ikan arwana super red dari pulau kalimantan.

Ikan arwana irian memiliki nama latin atau ilmiah Scleropages jardini, akan tetapi ikan arwana ini lebih dikenal dengan nama ikan arwana jardini. Selain itu, ikan ini juga akrab dengan sebutan Northern spotted, Gulf saratoga barramundi, Australian Pearl arwana, Australian arwana, Silver Barramundi, dan Northern Barramundi.


Ikan arawan jardini atau juga populer dengan sebutan ikan arwana irian atau arwana irian saja adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari irian dan Australia.

Yang mana penyebaranya di Sungai Fitzroy, Queensland dan Australia. Ikan ini menghuni air yang menggenang, kebanyakan dari mereka berada di anak sungai dan selalu berada dipermukaan sungai dekat dengan vegetasi air.

Di alam liar ikan arwana terbesar dari jenis ini panjangnya bisa mencapai satu meter, sedangkan beratnya bisa mencapi 17 kg.

Ikan arwana jardini ini belum banyak petani yang membudidayakan, itu karena ikan hasil tangkapan dari papua masih bisa memenuhi permintaan pasar.

Sedangkan yang di Australia, ikan arwana jardini ini di alam bebas menjadi target memancing para mancing mania.

Karakteristik Ikan Arwana Jardini


Gambar Dan Foto Harga Ikan Arwana Irian, Profilnya

Pada penjelasan di atas, ikan ini juga memiliki nama Australian Pearl arwana atau arwana mutiara, itu karena Jika terkena cahaya lampu dari sudut yang tepat, sisik Arwana ini akan berkilauan sangat indah seperti mutiara.

Ikan arwana jardini sedikit lebih berbeda dengan ikan arwana super red yang dari kalimantan. Arwana irian ini memiliki jumlah baris sisik lebih banyak, yakni 7 hingga 8 baris sisik.

Selain jumlah lebih banyak, ikan arwana irian ini sisiknya lebih kecil bila dibanding denagan ikan arwana dari kalimantan.

Corak warna arwana jardini lebih kusam, dengan pola cincin melingkar seperti bulan sabit di tepi sisik berwarna hijau atau merah.

Jenis Atau Varian Warna Ikan Arwana Jardini


Gambar Dan Foto Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya

Ikan cantik dari Irian dan Australia ini memiliki dua jenis varian warna yang keduanya sangatlah indah.

Yang pertama Red Pearl (mutiara merah), arwana irian ini sangat mudah untuk dikenali, karena adanya beberapa corak seperti garis bercoret berwarna merah muda di sekitar mata dan penutup insangnya. Akan tetapi sisiknya  berbentuk seperti bulan sabit.

Yang kedua Green Pearl (mutiara hijau), ikan arwana irian jenis green pearl warnanya lebih polos, sisik berbintik kehijauan dengan sirip berwarna abu-abu dan hitam. Beberapa spot putih dapat ditemukan di sirip punggung dan sirip anal.

Sebenarnya dari jenis atau varian warna ikan arwana jardini ini masih ada satu lagi, yakni berwarna dasar hitam dan bermutiara emas, akan tetapi sulit untuk ditemui.

Sedangkan ikan arwana yang juga ditemukan di Australia juga ada yang Red Pearl (mutiara merah) dan Green Pearl (mutiara hijau) yang mana memiliki nama latin Scleropages leichardty. Atau nama umumnya red spotted pearl. Arwana dari Autralia ini dibagi lagi menjadi dua varian, Cross back dan golden red.
 

Red spotted pearl ( Arwana Australia ) dan jardini ( arwana Irian ) adalah kerabat, dengan perbedaan lingkungan yang mempengaruhi performa masing masing.

Kisaran Harga ikan arwana jardini


Gambar Dan Foto Kisaran Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya

Harga yang nanti disebutkan merupakan kisaran harga, bukan harga pasti. Karena kualitas ikan itu sendiri yang mempengaruhi nilai jual atau harganya.

Untuk harga ikan arwana jardini atau irian  anakan atau bibit kisaranya 350 rb sedangkan untuk dewasa 3.500.000.

Cara merawat kan arwana Jardini Di akarium


Foto Kisaran Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya

Cara merawat ikan hias di akuarium memang berbeda beda dari setiap jenis ikan. Termasuk ikan arwana jardini.
 

Untuk merawat ikan arwana jardini ini, akuarium harus besar. Karena seperti penjelasan di atas bahwasanya ikan ini di alam bebas mampu tumbuh hingga 1 meter, dan tidak menutup kemungkinan ikan arawa jardini di akurium juga bisa tubuh besar, yang mana biasanya bisa mencapai  24 inci (60cm).

Idealnya ukuran akuarium untuk memelihara ikan ini adalah 3 x panjang tubuhnya, sedangkan lebayrnya 1,5 kali panjang tubuhnya.

Setelah sahabat mempersiapkan segala sesuatu perlengkapan yang diperlukan.

Langkah selanjutnya adalah selalu memeriksa dari kebersihan media filter. Sebelumnya, sediakan filter yang bagus akan membuat kondisi air bagus, karena seperti kita ketahui, arwana adalah ikan predator, yang mana dalam setiap pemberian pakan bianya akan membuat kotor air.


Baca juga: Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya

Mengganti air akuarium, akan tetapi jangan sepenuhnya air diganti, cukup hanya seperempatnya saja.

Membuang kotoran yang ada diakuarium, baik dari sisa makanan atau apapun, agar kualitas air tetap terjaga.

Membersihkan aerasi agar perputaran oksigen stabil. Selain itu kaca akuarium juga harus salalu dipantau kebersihanya, agar keanggunan dan keindahan sang ikan terlihat dengan jelas.

Ikan arwana jardini tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Tetapi sensitif terhadap perubahan kualitas air, terutama terhadap peningkatan kadar amonia, nitrit dan nitrat. Dan itu yang lebih musti sahabat perhatikan dalam merawat ikan arwan jardini.

Selain itu menjaga suhu dan pH agar tetap stabil juga sangat penting, karena ikan arwana mudah stres jika ada perubahan mendadak baik suhu maupun pH.


Untuk pH air idealnya di kisaran 6,5-7,5, sedangkan suhu airnya 75 ° ke 86 ° f (24-30 ° C).

Jika sahabat bertanya apakah ikan arawana jardini ini bisa dicampur dalam satu akuarium dengan jenis ikan hias lainya?. Jawabanya bisa.

Lalu jenis ikan hias apa yang bisa jadi teman seakuarium dengan ikan arwana/ arwana jardini. Sebelumnya kita kenal ikan arwana merupakan ikan hias predator.

Maka jenis ikan hias yang bisa dicampur denganya juga yang bersifat predator, seperti misalnya, dari ikan gar ( yang tutul ) bukan gar  aligator. Sahabat juga bisa kenal lebih banyak jenis ikan aligator (ikan gar) dengan membaca : Ikan Aligator Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Gar

Gambar Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya Dicampur Dengan Ikan Hias Lain
Selain ikan gar, ikan datnoids, dari jenis ikan catfish (  Flat-nosed Catfish), ikan palmas, sedangkan untuk teman yang berada di dasar akuarium misalanya jenis ikan sapau sapu atau pleco,  Peacock Bass dan masih banyak lagi.

Yang terpenting jika sahabat ingin mencampur arwana dengan jenis ikan hias lain, lakukan dulu uji coba, jika ikan lain ini mengganggu arwana sahabat, seperti misalnya tidak membuat arwana merasa nyaman, mulai dari makan atau apapun, maka sebaiknya sahabat mengganti dengan jenis ikan lain yang bisa berdampingan dengan ikan arwana sahabat.

Sekian penjelasan singkat mengenai Harga Ikan Arwana Irian, Profil Dan Cara Merawatnya. semoga bermanfaat.   

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua