Sunday, 2 October 2016

Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan


Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan, majalahikan.com | Chinese Algae Eater ( Gyrinocheilus aymonieri ) Ketika sahabat membaca judul ini mungkin berfikir tulisan ini mengada ada. Karena siapaun anda pasti mengenal jenis ikan hias air tawar yang makanan utamanya adalah ganggang atau alga ini.

Gambar Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan

Dan siapaun anda sedikit banyak mengetahui bahwasanya ikan ini sangat baik untuk membersihkan ganggang dari akuarium aquascape sahabat.

Itu memang benar adanya, akan tetapi dibalik semua yang sahabat ketahui tentang kabaikan memelihara ikan pemakan alga ini dalam akuarium ada batasanya, dan jika sahabat tidak jeli akan perilaku ikan Chinese Algae Eater ini, akan ada banyak korban dari keganasan dan keagresifan ikan pemakan alga ini.

Untuk itu majalah ikan ingin berbagi pada sahabat tentang Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan ini, agar kita semua lebih bijak sampai kapan harus memelihara ikan ini di akuarium bersama dengan jenis ikan hias aquascape lainaya. Akan tetapi sebelum itu mari kita kenali dengan melihat profilya terlebih dahulu.

Profil Ikan Hias Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan

Chinese Algae Eater yang juga akrab dengan banyak nama, sepert misalnya India Algae Eater, Sucker Loach, Sucker Ikan, Golden Algae Eater.

Ikan ini merupakan ikan asli dari Asia. Yang mana sebenarnya
Chinese Algae Eater ( Gyrinocheilus aymonieri ) adalah genus tunggal dalam keluarga Gyrinocheilidae, yang termasuk keluarga kecil ikan cypriniform dari Asia Tenggara yang hidup di sungai air tawar gunung yang mengali deras.

Cina Algae Eater memiliki mulut yang memungkinkan untuk melekat pada benda yang ada di dasar sungai yang mengalir deras pada habitat aslinya.

Mulut ini disebut suckermouth ( adalah suatu bagian perut berorientasi (inferior) mulut diadaptasi untuk merumput di alga dan organisme kecil yang tumbuh pada objek terendam)

Yang lebih unik dari ikan Cina Algae Eater dan kerabatnya adalah adanya celah insang dengan dua bukaan masing-masing. Air masuk melalui satu lubang, dan melalui daun lainnya. Hal ini memungkinkan ikan untuk bernapas tanpa harus mengambil air melalui mulut, yang digunakan untuk berpegang teguh pada permukaan.

Klasifikasi Ikan Hias Cina Algae Eater

klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Cypriniformes
Keluarga:     Gyrinocheilidae
TN Gill , 1905
Marga:     Gyrinocheilus


Cara Merawat Ikan hias Cina Algae Eater


Gambar Dan Foto Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan

Ikan Cina Algae Eater merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, bahkan untuk hobiis pemula karenaikan hias ini tidak mudah mati. Bahkan walaupun kondisi air sudah di anggap menjadi racun bagi ikan hias lain, ikan Cina Algae Eater tetap bisa bertahan hidup, akan tetapi jangan membuat air dengan kondisi yangtidak bagus dengan sengaja.

Akan tetapi kondisi air yang paling ideal untuk merawat dan memelihara ikan Cina Algae Eater adalah yang bersuhu 75 ° F - 80 ° F (24 ° C - 27 ° C) dengan pH 6,5 - 7,5.

Untuk akuarium yang ideal dalam merawat ikan Cina Algae Eater yang mampu menampung air sebanyak 208 liter. Membari berbagai jenis tanaman aquascape juga akan membuatnya semakin nyaman. Jika dpelihara dengan baik ikanini bisa bertahan hidup hingga 5 sampai 10 tahun.

Ikan Cina Algae Eater sangat populer dipelihara, bahkan ikan hias ini seringkali dicampur dengan ikan hias lain karena peragainya yang pendamai.

Selain itu memelihara ikan Cina Algae Eater sangat membantu untuk membersihkan akuarium dari tumbuhnya alga, karena ikan hias yang satu ini pemakan alga.

Akan tetapi, sahabat harus memisahkan ikan Cina Algae Eater dikala usianya sudah dewasa. Karena ikan ini akan semakin berkurang untuk memakan alga.

Selain itu ikan Cina Algae Eater akan sangat teritorial jika sudah dewasa, yang lebih mengerikan lagi jika sahabat tidak memisahkan ikan ini dengan ikan lainya, ikan hias yang lain akan menjadi sasaran hisapan dari mulut ikan Cina Algae Eater ini.

Lebih parahnya lagi ikan Cina Algae Eater, merusak sisik sisik ikan yang menjadi sasaran hisapanya, yang akhirnya menjadi luka dan berujung dengan mati.

Inilah alasan kenapa majalah ikan  memberi judul tulisan ini dengan Chinese Algae Eater Pembersih Aquascape Yang Mengerikan. Dengan tulisan ini semoga memberi manfaat pada sahabt hobiis ikan hias.  

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua