Monday, 31 October 2016

Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil



Cara Budidaya Ikan Oscar, majalahikan.com | Termasuk salah satu manfaat ikan oscar adalah sebagai ladang rizki buat anda. Dan salah satu caranya adalah dengan membudidayakanya. Untuk membudidayakan ikan oscar membutuhkan keuletan dan kesabaran, itu karena budidaya ikan oscar tidak semudah mebudidayakan ikan cupang, bahkan budidaya ikan oscar ini membutuhkan waktu yang relatif lama dari pada jenis ikan hias lainya.

Gambar Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil

Terlebih untuk membedakan ikan oscar jantan dan ikan ocar betina, itu karena ikan oscar ini monoforik yang artinya antara ikan oscar jantan dan betia memiliki ukuran, bentuk dan juga warna yang sama. Akan tetapi bukan tidak bisa untuk dinbedakan, untuk lebih jelasnya silahkan baca juga : Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Selain sulitnya membedakan antara ikan oscar jantan dan betina, untuk pemijahanya juga terbilang tidak mudah, karena terkadang sang induk juga memakan telurnya sendiri, untuk itu dibutuhkan tempat budidaya ikan oscar yang berbeda dari indukan yang sudah memijah.

Bukan hanya itu, dalam pemijahan ikan oscar dibutuhkan pula kondisi air yang benar benar disukai oleh si oscar agar mau memijah. Untuk itu majalah ikan mencoba bebagi pada anda semua cara budidaya ikan oscar agar berhasil. Simak ulasan berikut ini.



Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil


Gambar Oscar Jantan Dan Betina Dalam Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil


Cara Pertama adalah Pemilihan Induk Ikan Oscar ~ Ikan oscar yang akan dijadkan iduk tidak asal ikan oscar, yang perlu diperhatikan dalam memilih idukan ini adalah ikan oscar yang sudah berumur 1,5 tahun hingga 2 tahun, yang memiliki panjang tubuh 15 cm dan tingginya 10 cm.

Selain membedakan oscar jantan dan betina, tingkat kesulitan juga akan anda alami ketika menjodohkan indukan ikan oscar, ini adalah yang paling sulit. Karena mencari dua pasangan iduk yang saling menyukai bisa dibilang sangat mustahil.

Akan tetapi anda bisa membeli ikan oscar jantan dan betina yang sudah pernah dipijahkan dan sudah bertelur, membeli ikan oscar yang sudah berjodoh adalah langkah yang bisa anda tempuh untuk waktu tercepat agar berhasil dalam membudidayakanya.

Jika anda tidak mengambil langkah tersebut, maka anda bisa menyeleksi indukan yang saling menyukai dengan cara mencampur 6 hingga 7 ikan oscar yang masih berumur 6 bulan dalam satu wadah atau aquarium.

Seperti yang admin katakan di atas, bahwasanya dalam budidaya ikan oscar ini memerlukan kesabaran, karena membutuhkan waktu yang relatif lama. Mencampur ikan hias oscar yang masih remaja ( Umur 6 - 7 bulan ), adalah solusi untuk mendapatkan indukan yang saling menyukai, dan mereka akan menemukan pasangan sendiri sendiri. Akan tetapi akan memerlukan waktu kurang lebih satu tahun untuk ikan oscar bisa memijah dan bertelur.


Dalam pemilihan iduk ini, anda juga bisa mengkawin silangkan diantara berbagai jenis ikan oscar agar mendapatkan hasil yang tidak biasa.


Gambar Kawin Silang Dalam Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil

Cara Kedua
adalah Pemijahan ~ Untuk mendorong agar cepat idukan memijah, maka Anda harus menjaga kebesihan air, dan itu setidaknya Anda mengganti air sebanyak 20-30 % dua kali dalam setiap minggunya. Selain itu untuk merangsang pemijahan pemeberian pakan yang baik juga mesti diberikan. Seperti misalnya jangkrik, cacing dan juga ikan yang sudah dikarantina.

Setelah anda dapati ikan oscar yang sudah matang telur dan sudah menunjukan tanda tanda siap untuk memijah, maka tempatkanlah idukan ketempat pemijahan,baik itu aquarium maupun kolam semen. Isilah air sebanyak 30 hingga 40 cm. Akan tetapi sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu selama kurang lebih sekitar 24 jam.

Berilah media pijah, seperti misalnya batu lempengan atau keramik untuk indukan merawat telur telurnya. Ikan osar akan memijah pada waktu siang dan sore hari yang mana biasanya proses pemijahan ini akan memakan waktu 2 hingga 3 hari.


Gambar Telur Ikan Oscar Dalam Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil

Ikan oskan betina akan menghasilkan telur sebanyak kurang lebih 1000 butir, dan dikeluarkan setiap periodenya 100 butir. Telur telur ini diletakan diatas media pijah dan akan dibuahi oleh indukan jantan. Telur yang dibuahi akan berwarna coklat sedangkan yang tidak terbuahi akan berwarna putih.

Tidak semua 1000 butir ini bisa anda lihat, itu karena terkadang sebagianya dimakan oleh sang induk. Setelah anda dapati telur telur sudah di atas media pijah maka langkah selanjutnya terserah anda, apakah anda ingin merawat telur dan burayak di asuh dan dibesarkan induknya atau anda yang merawatnya.


Gambar Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil - Induk Oscar Merawat Burayaknya

Jika anda membiarkan telur bersama dengan indukan dan menetas ditempat yang sama maka tingkat keberhasilanya kurang baik, karena ada kemungkinan ikan oscar kecil akan dimakan oleh indukanya. 

Jika anda menginginkan untuk menetaskan di tempat lain yang tingkat keberhasilanya tinggi, itupun Anda harus memindahkan telur telur tanpa harus terkena udara dan tempat yang akan dijadikan untuk media penetasan ini juga airnya harus sama dengan yang ada pada indukanya.

Telur yang dipindahkan akan menetas kurang lebih selam 3 hari atau 72 jam, burayak ikan oscar tidak membutuhkan makanan sekitar 4 hari, setelah itu anda harus bergegas memberinya dengan makan, makanan pertamanya yakni infusoria.


Pemberian kutu air yang disaring bisa anda berikan ketika burayak ikan oscar berumur 10 hari, sedangkan ketika burayak sudah berumur 2 minggu bisa anda berikan kutu air yang tidak disaring dan bisa Anda coba juga cacing rambut.

Burayak ikan oscar bisa anda pindahkan ke kolam pembesaran ketika umurnya sudah 25 hari. Agar populasi ikan tidak terlalu padat, sebaiknya anda mengisi setiap kolam pembesaran dengan 100 ekor ikan oscar kecil.

Dan ikan oscar bisa anda distribusikan kerelasi atau teman atau juga toko toko ikan hias ketika ukuranya sudah pantas untuk dijual.

Dalam hal ini, tidaklah mudah membudidayakan ikan oscar, apabila tingkat keberhasilan kurang baik atau bahkan tidak menghasilkan sama sekali, anda bisa mengganti indukan dengan indukan yang lebih bagus.

Demikianlah cara budidaya ikan oscar agar berhasil, semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua