Saturday, 3 September 2016

Sudahkah Sahabat Tahu Nama Latin Ikan Lele Dan Ciri Cirinya?


Nama Latin Ikan Lele Dan Ciri Cirinya, majalahikan.com |  Ikan lele adalah ikan konsumsi yang populer dan banyak penggemarnya. Selain gurih dan lembut dagingnya, ikan lele kaya akan protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Gambar Nama Latin Ikan Lele Dan Ciri Cirinya?

Ikan lele juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandunganya. Itu karena omega 3, protein, vitamin B 12, dan fosfor yang terkandung di dalamnya.

Budidaya ikan lele juga mudah dan banyak dari berbagai wilayah di Indonesia yang membudidayakanya. Akan tetapi walaupun ikan air tawar ini populer sangat jarang dari kita yang paham betul tentang ikan lele ini.

Baik mulai dari nama latin ikan lele ini, ciri ciri, manfaat, dan fakta unik di dalamnya. Untuk alasan itulah majalah ikan ingin berbagi pada sahabat semua, dan berikut adalah ulasanya.


Nama Latin Ikan Lele Klasifikasi Dan Ciri Cirinya


Nama latin atau nama ilmiah ikan lele adalah Clarias sp. Sedangkan ikan lele di Negara kita di berbagai daerah memiliki sebutan yang berbeda - beda seperti misalnya:
Sumatera Barat - menyebutnya ikan kalang
Gayo - menyebutnya ikan maut
Aceh - menyebutnya ikan seungko
Karo - menyebutnya ikan sibakut
Kalimantan Selatan - menyebutnya ikan pintet
Makassar - menyebutnya ikan keling
Sulawesi Selatan - menyebutnya ikan cepi
Jawa Tengah - menyebutnya ikan lele atau lindi
Kalimantan Timur - menyebutnya ikan keli untuk lele yang tidak berpatil dan ikan penang untuk yang memiliki patil


Dan Berikut Ini Klasifikasi Ikan Lele:


Kerajaan: Animalia
Filum: Crhordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Siluriformes
Famili: Clariidae
Genus: Clarias
Nama latin: Clarias sp.



Sedangkan Ciri Ciri Ikan Lele Adalah Sebagi Berikut:

 
Gambar, Foto Sudahkah Sahabat Tahu Nama Latin Ikan Lele Dan Ciri Cirinya?

Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya

Dan Berikut Adalah Fakta Unik Ikan Lele


1. Patil Ikan Lele

Ikan lele memiliki patil, yang mana patil ini mengandung racun. Racun yang terkandung di patil ikan lele bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan (inflamasi) pada jaringan otot seseorang yang dilukainya.

Racun ikan lele juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem hormonal sehingga serangannya dapat membuat kelainan pada organ dalam tubuh.

2. Mengendalikan Hama Sawah 

Hama sawah seperti misalnya kupu-kupu walang sangit,  serta wereng, bisa dikendalikan dengan menebarkan benih lele saat musim tanam.

3. Sebagai Ikan Konsuksi Dan Ikan Hias

Selain untuk dikonsumsi, ikan lele juga populer sebagai ikan hias untuk akuarium.

4. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil Dan Janinnya

Ikan lele juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandunganya. Itu karena omega 3, protein, vitamin B 12, dan fosfor yang terkandung di dalamnya.

5. Berguna Untuk Obat Berbagai Penyakit

Ikan lele juga bisa untuk dijadikan obat alami bagi beberapa penyakit seperti misalnya penyakit asma, terlambat datang bulan, mimisan, dan penyakit kecing darah.

Sekian dulu pembahasan Nama Latin Ikan Lele Dan Ciri Cirinya, jika tulisan ini bermanfaat bagi sahabat, tolong bantu di share ya dan tanks.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus