Thursday, 29 September 2016

Sekilas Profil Dan Cara Merawat Ikan Hias Diamond Tetra


Sekilas Profil Dan Cara Merawat Ikan Hias Diamond Tetra, majalahikan.com | Berlian tetra (Moenkhausia pittieri) atau juga dikenal sebagai Brillantsalmler, Diamond Characin, Pittier ini Tetra dan Timanttitetra adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari pedalaman Amerika Selatan, tepatnya di sekitar Danau Valencia di Venezuela dan di perairan Rio Bue, Rio Tiquiriti.

Gambar Sekilas Profil Dan Cara Merawat Ikan Hias Diamond Tetra

Danau Valencia adalah danau terbesar ke-2 Venezuela yang di apit dengan dua pegunungan di mana polusi dari kegiatan pertanian dan industri manusia telah menyebabkan kualitas air tidak bagus yang akhirnya menjadikan ikan diamond sedikit berkurang. Diamond Tetra lebih suka di air yang dangkal, bagian tumbuhan danau serta sungai yang arusnya lambat.

Sesuai dengan namanya ikan hias yang juga dari jenis tetra ini memiliki warna layaknya berlian (Diamond) yang berkilau dengan sisik keperakan dan aksen oranye.

Diamond Tetra jantan warnanya lebih cemerlang dan indah ketimbang dengan yang betina. Sirip siripnyapun lebih panjang dari pada ikan betina. Akan tetapi baik jantan maupun betina sama sama populer sebagai ikan hias.

Baik sirip dorsal maupun sirip punggung pada ikan diamond tetra ini berwarna ungu, pada bagian atas mata ada warna merah. Dan ada garis band gelap disepanjang tubuh.

Panjang makimal ikan diamond ini adalah 2,4 inci (5,99 cm), dan memiliki umur kurrang lebih 3 hingga 6 tahun.


Klasifikasi Ikan Hias Diamond Tetra


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Characiformes
Keluarga:     Characidae
Marga:     Moenkhausia
Jenis:     M. pittieri
nama binomial
Moenkhausia pittieri


Cara Merawat Ikan Hias Diamond Tetra


Gambar, Foto Sekilas Profil Dan Cara Merawat Ikan Hias Diamond Tetra

Diamond Tetra lebih suka dengan yang ganjil, jadi jika sahabat ingin memelihara ikan hias yang memiliki warna berkilau ini sebaiknya 3 atau 5 ekor atau lebih.

Sedangkan suhu air yang ideal untuk merawat ikan diamond ini adalah 28 derajat C (79 derajat F), dan pH yang disukainya berkisar pH 6.

Dengan tanaman aquascae seperti biotipe Amazon tentunya akan menjadikan ikan ini semakin berwarna.  Untuk dasar bisa menggunakan substrat pasir sungai dan menambahkan beberapa cabang kayu apung dan akar twiststed.

Beberapa segenggam daun kering akan memberikan aquascape nuansa alami. Biarkan kayu dan daun merubah warna air menjadi seperti warna teh. Ambil daun dan gantilah setiap beberapa minggu.

Ukuaran akuarium minimal untuk merawat ikan diamond ini adalah yang berkapasitas 57 liter air. Dekorasi akuarium yang gelap akan mengeluarkan warna ikan diamond semakin bercahaya. Sedangkan untuk pencahayaan rendah - tenang pencahayaan - pencahayaan rendah.

Untuk merawat ikan diamond ini sebenarnya tidaklah sulit, yang penting air dalam kondisi bagus. Agar supaya kondisi air tetap terjaga usahakan air diganti secara teratur, terutama jika tangki yang ditebar padat. Setidaknya 25 sampai 50% dari tangki air harus diganti setiap minggu.

Diamond tetra adalah omnivora , umumnya akan makan segala macam hidup, makanan segar, dan serpihan. Untuk menjaga keseimbangan nutrisinya yang baik, beri mereka makanan serpihan kualitas tinggi  setiap hari. Pakan berupa udang air garam (baik hidup atau beku) atau cacing darah hanya untuk selingan saja.

Demikianlah Sekilas Profil Dan Cara Merawat Ikan Hias Diamond Tetra. Semoga bermanfaat.

Lihat juga ikan aquascape yang lain di: Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua