Saturday, 3 September 2016

21 Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik


21 Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik, majalahikan.com | Ikan laut adalah spesies ikan yang hidup di dalam air laut. Beberapa jenis ikan laut bisa dikonsumsi, sebagian lagi tidak.

21 Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik
 
Sebagian dari jenis ikan laut ada yang bisa dijadikan ikan hias, karena warnanya yang indah dan cantik serta unik akan tetapi sebagian dari jenis ikan laut ada juga yang wajahnya menyeramkan dan bersifat predator.

Jenis ikan laut ada juga yang bisa hidup di perairan yang dangkal ada pula yang hanya hidup diperairan yang dalam.

Nah pada kesempatan kali ini majalah ikan akan berbagi tentang jenis ikan laut dalam yang wajahnya menyeramkan, unik dan juga predator pada sahabat semua. Berikut adalah ulasanya.


Inilah 21 Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Juga Unik


1. Hiu Berjumbai atau Frilled_shark (Chlamydoselachus anguineus)

Hiu Berjumbai adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Hiu Berjumbai adalah salah satu dari dua spesies yang masih ada dari ikan hiu keluarga Chlamydoselachidae , dengan distribusi yang luas namun tidak merata di Atlantic dan Pasifik dengan kedalaman  1.570 m (5.150 kaki).


Ikan hiu ini dapat menangkap mangsa dengan menekuk tubuhnya dan menerjang ke depan seperti ular. Rahangnya sangat fleksibel yang memungkinkan menelan seluruh tubuh mangsanya.

Gigi - giginya kecil yang berbaris layakya jarum yang membuat mangsanya tidak bisa melarikan diri. Mangsa yang diburunya biasanya adalah cumi - cumi.

2. Ikan Pemancing atau Anglerfish

Anglerfish adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Ikan penghuni laut dalam selanjutnya adalah anglerfish. Ada banyak jenis ikan anglerfish ini, dan semuanya adalah predator atau pemangsa.

Muluk ikan ini penuh dengan gigi gigi yang runcing. Cara memangsanya sangat menakjubkan, yakni dengan memancing mangsanya menggunakan organ yang disebut bioluminescent, makanya ikan predator ini populer dengan sebutan ikan pemancing.

Organ ini sebagai umpan untuk memancing ikan ikan yang lebih kecil dan ketika mangsa sudah mendekati organ ini, langsung ditangkapnya.

3. Snake Dragon Fish

Snake Dragon Fish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Ikan yang menghuni di laut dalam selanjutnya adalah Dragonfish. Ikan ini hidup diperairan di kedalaman sekitar 5.000 kaki (1.500 meter).

Ikan ini adalah predator ganas, dragonfish memiliki kepala yang besar dan mulut yang dilengkapi dengan banyak gigi taring yang tajam.

Terlepas dari wajah seramnya, ternyata ikan dragonfish adalah ikan yang berukuran kecil, panjangnya hanya sekitar 15 cm.

Cara dragonfish menangkap mangsanya menggunakan lampu atau cahaya yang dihasilkan dari proses kimia yang disebut bioluminescence, sedangkan cahaya yang dihasilkan disebut dengan photophore.

Lampu atau cahaya ini dinyalakan diperairan yang gelap untuk menarik mangsanya, dan setelah mangsa mendekati lalu langsung disergap.


4. Fangtooth Fish Atau Ikan Gigi Taring ( Anoplogaster cornuta  )


Fangtootfish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Ikan gigi taring beryciform adalah ikan dari keluarga Anoplogastridae (kadang-kadang dieja "Anoplogasteridae") yang mana juga hidup di laut dalam .

Nama ini berasal dari bahasa Yunani anoplo berarti "tak bersenjata" dan gaster yang berarti "perut". Dengan distribusi Tersebar di perairan tropis dan dingin-sedang.

Ikan predator laut dalam ini memiliki dua spesies yang sangat mirip dalam satu genus.

Ikan yang menyeramkan ini terlihat besar, akan tetapi sebenarnya ikan penghuni laut dalam ini ukuranya kecil, ya'ni hanya berukuran 40 cm.

5. Ikan Hiu Bermulut Besar Atau Megamouth Shark


Megamouth Shark Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik




Megamouths shark mampu tumbuh hingga 5,5 meter (18 kaki) panjang. Untuk ikan jantan dewasa dengan 4 m (13 kaki) dan betina 5 m (16 kaki). Bobot Megamouths shark bisa mencapai  hingga 1.215 kg (2.679 lb) yang telah dilaporkan. 

Megamouths shark cara berburu mangsanya tidak sama dengan kebanyakan ikan hiu. Cara berburu yang dilakukan oleh Megamouths shark ini adalah dengan membuka lebar mulutnya untuk menyaring plankton dan juga ubur - ubur.

6. Stargazer Fish


Stargazer Fish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik



Ikan laut dalam yang satu ini sangat unik, karena suka menguburkan tubuhnya di pasir, dan setelah ada mangsa yang lewat di atas kepalanya langsung dikejutkan dengan sergapanya.

Panjang total ikan Stargazer Fish 18 hingga 90 cm. Ciri khusus ikan
Stargazer Fish ini memiliki mata tepat di atas kepalanya.

7. Viperfish


Viperfish Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

viperfish adalah spesies ikan laut dalam genus Chauliodus. Ciri ciri ikan laut ini memiliki gigi gigi layaknya jarum dan rahang berengsel.

Panjang ikan predator yang memiliki wajah menyeramkan ini adalah 30 hingga 60 cm, ikan ini memangsa buruanya setelah memikat mereka dalam jangkauan dengan organ penghasil cahaya yang disebut photophores, yang terletak di sepanjang sisi ventral tubuhnya, dan dengan photophore menonjol pada akhir tulang belakang yang panjang di punggung sirip mengingatkan pada Illicium dari deepsea terkait Anglerfishes .

Organ yang digunakan untuk memikat mangsanya ini juga digunakan untuk berkomunikasi dengan calon pasangan dan sainganya.

8. Cumi Cumi Raksasa Atau Giant Squid


Giant Squid Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Cumi-cumi raksasa ( genus Architeuthis) adalah deep-laut tinggal cumi di keluarga Architeuthidae.

Cumi-cumi raksasa adalah moluska terbesar kedua dan merupakan salah satu invertebrata yang terbesar yang masih ada. Hal ini hanya melampaui oleh cumi-cumi kolosal , Mesonychoteuthis hamiltoni, yang mungkin memiliki mantel hampir dua kali lebih lama.
 

Ukuran cumi-cumi raksasa, terutama panjang total, sering dibesar-besarkan. Laporan dari spesimen mencapai dan bahkan melebihi 20 m (66 kaki), tetapi tidak ada hewan mendekati ukuran ini yang telah didokumentasikan secara ilmiah.

Menurut ahli cumi Steve O'Shea , panjang seperti itu mungkin dicapai dengan sangat peregangan dua tentakel seperti karet gelang. Total panjang maksimum, bila diukur santai post mortem, diperkirakan 13 m (43 kaki) untuk betina dan 10 m (33 kaki) untuk jantan dari sirip posterior ke ujung dua tentakel panjang.

Cumi-cumi raksasa menunjukkan dimorfisme seksual . Berat maksimum diperkirakan 275 kg (606 lb) untuk betina dan 150 kg (330 lb) untuk jantan.


9. Belut Pelican Atau Gulper Eel ( Eurypharynx pelecanoides )


Gulper Eel Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik



Gulper Eel atau Belut Pelican juga dikenal dengan nama, gulper pelican, dan payung-mulut gulper. Disebut dengan Belut Pelican karena mulutnya seperti mulut burung pelikan.

Ikan ini mendiami laut dalam dan jarang sekali terlihat oleh manusia, meskipun terkadang tertangkap di jaring nelayan.

Ciri  ciri Belut Pelican atau Gulper Eel ini adalah mulutnya yang lebar melebihi tubuhnya, bahkan dengan mulutnya ini, dapat menelan mangsanya walaupun ukuranya lebih besar dari dirinya.

10. Belut Moray


Belut Moray Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Belut Moray atau Muraenidae adalah keluarga dari kosmopolitan belut . Ada sekitar 200 spesies dalam 15 genera hampir secara eksklusif hidup di laut , tetapi beberapa spesies secara teratur terlihat di air payau , dan ada beberapa moray yang hidup di air tawar (Gymnothorax polyuranodon).

Belut moray terkecil kemungkinan Snyder moray (Anarchias leucurus), panjang maksimumnya mencapai 11,5 cm (4,5 in), sedangkan belut moray  terpanjang (Strophidon sathete) mencapai hingga 4 m (13 ft) .

Sedangakan belut moray terberat adalah moray raksasa (Gymnothorax javanicus), yang mencapai 3 m (9,8 ft) panjang dan 30 kg (66 lb) berat.


11. Hiu Hantu Atau Chimaera

Hiu Hantu Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik




Tidak menjadi bingung dengan Chimera dari mitologi Yunani, makhluk ini juga dikenal sebagai hiu hantu, dan meskipun mereka digunakan untuk berada di seluruh lautan di dunia, hari ini mereka sebagian besar terbatas pada air yang dalam.

12. Vampire Squid


Vampire Squid Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik




Dengan mata terbesar (proporsional berbicara) dari binatang di dunia, makhluk laut dalam ini lahir untuk hidup di kedalaman. Dan tidak, itu tidak mengisap darah, bahkan tentakel hampir tidak memiliki pengisap sama sekali. Nama sebenarnya berasal dari mata intens merah dan jubah seperti anyaman.

13. Coffinfish


Coffinfish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik


 Menyerupai pink, tulang tertutup balon tersebut pemburu laut dalam adalah sesuatu dari persilangan antara ikan buntal dan anglerfish (# 12). Meskipun mereka memikat mangsanya menggunakan tonjolan berdaging mereka mampu mengisap diri ketika terancam.

14. Dumbo Octopus


Dumbo Octopus Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik





Dinamakan setelah gajah dalam film Disney, gurita ini tidak selalu seperti yang menakutkan seperti hiu frill tapi itu terlalu aneh untuk tidak menyertakan daftar ini.

15. Hatchetfish


Hatchetfish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik


Tidak menjadi bingung dengan air tawar hatchetfish ditemukan di banyak akuarium rumah spesies ini dinamai bentuk kapak khas dari tubuhnya. Hidup di kedalaman ekstrim itu memiliki dua mata tubular yang mengarah ke atas memungkinkan untuk menangkap makanan jatuh dari atas.

16. Barreleye Fish



Barreleye Fish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik





Juga dikenal sebagai ikan hantu, makhluk tampak aneh mirip dengan hatchetfish dalam bahwa mereka memiliki dua mata menghadap ke atas untuk memindai mangsa. Ciri khas mereka, bagaimanapun, adalah kubah transparan yang melukai mereka

17. Grenadier Fish

Grenadier Fish Adalah 20 Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik




Salah satu penghuni bawah lebih berlimpah, grenadiers telah diperkirakan membuat sekitar 15% dari populasi laut dalam dan ditemukan di kedalaman hingga 6 km ada beberapa makhluk lain yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang bermusuhan tersebut.

18. Blue Ring Octopus


Blue Ring Octopus Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik




Meskipun mungkin tidak secara fisik mengesankan sebagai beberapa makhluk lain di daftar ini, biru bercincin gurita adalah mudah salah satu hewan paling berbahaya di laut. Ini racun ini sangat ampuh dan karena tidak ada antivenin, tentu ide yang baik untuk menghindari.

19. The Black Swallower


Black Swallower Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Juga dikenal sebagai swallower besar, kapasitas rakasa kecil ini untuk menelan dan mencerna hal signifikan lebih besar dari dirinya sendiri tidak bisa diremehkan. Bahkan, bisa mengkonsumsi mangsa lebih dari 10 kali massa sendiri.

20. Goblin Shark



Goblin Shrak Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Tidak banyak yang diketahui tentang penghuni laut dalam ini karena hanya beberapa spesimen yang pernah tertangkap oleh kapal nelayan, tetapi mereka tangkapan langka sudah cukup untuk mendapatkan itu reputasi menakutkan. Dengan moncong dan ditarik rahang menonjol karakteristik fisik meyeramkan.

21. Ikan Blob Atau Blobfish


Blobfish Adalah Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik

Terutama ditemukan di perairan laut dalam di Australia dan Selandia Baru kehidupan blobfish pada kedalaman lebih dari 1200 meter. Tekanan di sini adalah beberapa lusin kali lebih tinggi daripada di permukaan dan sebagai hasilnya tubuhnya sedikit lebih dari massa agar-agar.

Usai sudah pembahasan 21 Jenis Ikan Laut Dalam Paling Menyeramkan, Predator Dan Unik, jika ulasan ini menarik buat anda, tolong di share juga ya.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus