Thursday, 4 August 2016

Jenis Ikan Bala Shark, Harga Dan Cara Merawatnya


Jenis Ikan Bala Shark, Harga Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com - Ikan bala shark merupakan ikan hias air tawar yang bisa dibilang asli Indonesia. Karena ikan ini ditemukan di Semenanjung Melayu , Sumatera , dan Kalimantan.

Jenis Ikan Bala Shark

Bala shark Balantiocheilos melanopterus adalah spesies ikan dari keluarga Cyprinidae , dan merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos. Bala shark juga akrab dengan panggilan hiu tricolor, hiu perak, atau hiu ikan kecil.

Dari namanya terdengar ikan ini adalah ikan predator, yang jika dipelihara tidak bisa dicampur dengan ikan hias lain, terlebih ikan hias yang berukuran kecil.

Akan tetapi, bagi sahabat hobiis ikan hias jangan kawatir, jika ingin memelihara dan merawat ikan bala shark. Karena ikan hias yang postur tubuhnya mirip ikan hiu ini ternyata besahabat dan bisa dicampur dengan ikan hias lain.

Walaupun ikan bala shark pada alam liar memangsa atau memakan fitoplankton, krustasea kecil, rotifera , dan serangga dan bahkan larva atau burayaknya sendiri, akan tetapi dalam perawatan di akuarium ikan ini bisa menerima pelet.
 
Sebelum kita bahas lebih lanjut " Jenis Ikan Bala Shark, Harga Dan Cara Merawatnya ", seperti biasa mari kita lihat dulu klasifikasi ikan bala shark lebih dulu.

klasifikasi ikan bala shark


Jenis Ikan Bala Shark dan Harganya

Kingdom:     Animalia
Phylum   :     Chordata
Class       :     Actinopterygii
Order      :     Cypriniformes
Family    :     Cyprinidae
Genus     :     Balantiocheilos
Species   :     B. melanopterus


Ciri Ciri Fisik Ikan Bala Shark


Jenis Ikan Bala Shark, Harga Dan Cara Merawatnya

Ikan bala shark sangat cantik, warna seluruh tubuhnya perak dengan margin hitam yang berada di punggung, ekor, anal, dan sirip perutnya.

Mata ikan bala shark terlihat sangat bulat dan besar, itu karena berfungsi untuk menemukan dan menangkap mangsanya. Pertubuhan ikan bala shark terbesar atau ukuran panjang maksimum adalah 35 cm (14 in).

Postur tubuh ikan bala shark memang mirip sekali dengan hiu, itu sebabnya ikan bala shak adalah perenang yang sangat cepat.


Cara Merawat Ikan Bala Shark Di Akuarium

Jenis Ikan Bala Shark Dan Cara Merawatnya

Cara merawat ikan bala shark terbilang tidak sulit, karena pada dasarnya ikan yang mirip hiu ini adalh ikan yang daya tahan tubuhnya kuat.

Bahkan ikan bala shark mampu mentolerir perubahan suhu dan kadar pH yang mungkin ikan hias lainya tidak akan mampu mentolerir.

Hanya saja air yang ideal untuk memelihara ikan bala shark adalah yang kadar pH-nya 6,0 - 8,0. Sedangkan suhu air yang tepat untuk merawat ikan bala shark adalah antara 22-28 ° C (72-82 ° F).

Seperti penjelasan di atas bahwasanya ikan ini bersifat damai, alias bisa dicampur dengan ikan hias lain dalm satu akuarium, seperti misalnya ikan guppy.

Selain itu untuk cara merawat ikan bala shark dibutuhkan akuarium yang berukuran besar, mengingat ikan ini mampu tuh besar dan ikan aktif berenang yang membutuhkan ruang yang memadai.

Akuarium yang ideal untuk merawat dan memelihara ikan bala shark adalah 2 meter.

Akuarium sebaiknya ditutup, karena ikan bala shark mirip dengan belut dinosaurus atau ikan palmas, yang mana mempu melarikan diri dari akuarium. Hanya saja bedanya jika ikan palmas merayap dengan siripnya sedangkan bala shark melompat.

Pakan ikan bala shark tergolong mudah, karena ikan ini mau memakan berbagai jenis makanan ikan. Termasuk makanan vitamin diperkaya serpihan, pelet, beku, beku kering. Akan tetapi memberi pakan hidup juga diperlukan agar nutrisi makananya bisa bervariasi.


Harga Ikan Bala Shark Dipasaran


Jenis Ikan Bala Shark dan Harga per ekornya

Untuk merawat dan memelihara ikan yang mirip hiu ini, sahabat hobiis tidak perlu mengeluarkan uang ratusan hingga jutaan rupiah. Karena ikan yang bagus dan juga licah ini dipasaran terbilang murah.

Sahat bisa membawa pulang ikan bala shark hanya dengan unag sebesar 10 - 25 ribu rupiah untuk ikan bala shark yang  ukuranya 10 - 15 cm.

Jenis Ikan Bala Shark Dari Keluarga Cyprinidae


Jenis Ikan Bala Shark satu keluarga

Salah satu ikan yang juga posturnya mirip dengan hiau adalah Pelangi hiu (Epalzeorhynchos frenatum) atau Rainbow shark atau Red fin Shark.

Pelangi hiu juga dikenal dengan berbagai nama, seperti misalnya: hiu ruby, ikan hiu sirip merah, red sejati hiu, pelangi sharkminnow, hijau fringelip labeo, whitefin hiu dan sharkminnow whitetail.

Akan tetapi jenis ikan bala shark yang satu ini akan diulas dilain waktu. Dan Sekian dulu kita berkenalan dengan Jenis Ikan Bala Shark, Harga Dan Cara Merawatnya.

Kritik dan masukan di kolom komentar admin tunggu, guna menyempurnakan tulisan ini. Dan terima kasih. 

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua