Tuesday, 19 July 2016

Inilah Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator


Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator,  majalahikan.com - Ikan aligator merupakan ikan hias yang bersifat predator atau pemangsa yang mana ikan yang mulutnya seperti mulut buaya ini sudah sangat popular di kalangan hobiis ikan hias ekstrem.

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator sebagai ikan hias


Ikan aligator terbesar yang pernah ada di alam liar bisa mencapai panjang 3 m dengan berat sekitar 140 kg. Bagi hobiis yang memelihara ikan buaya ini diharapkan berhati - hati dan hindarkan dari jangkauan anak-anak.

Dan jika sudah tidak ingin merawatnya lagi, diharapkan tidak melepaskanya di sungai maupun perairan lainya. Karena bisa mengancam populasi ikan.

Mungkin sebagian dari kita belum tau persis ikan predator ini, dan berikut adalah klasifikasi dan morfologi ikan aligator.

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator 


Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator dari Amerika


Kingdom  :    Animalia
Phylum    :     Chordata
Class        :     Actinopterygii
Infraclass :     Holostei
Order       :     Lepisosteiformes
Family     :     Lepisosteidae
Genus      :     Atractosteus
Species    :     A. spatula


Morfologi Ikan Aligator


Berbicara tentang morfologi ikan aligator, berarti mengenai bentuk tubuh ikan aligator.

Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator Mulut buaya


Ikan predator air tawar ini menyerupai terpedo, yakni silindris memanjang. Yang unik dari ikan aligator ini adalah mulutnya seperti mulut buaya, yakni bermoncong dan bergigi tajam. Tak heran jika ikan aligator ini akrab juga dengan nama ikan buaya.

Warna pada ikan aligator pada umumnya berwarna coklat atau kehijauan pada bagian atas tubuhnya. Sedangkan bagian bawah tubuhnya yaitu didaerah perut berwarna agak terang.

Ikan bermoncong buaya ini dilindungi sisik yang berfungsi sebagai perisai. Sisiknya merupakan ganoid berbentuk intan yang saling bertaut.

Sirip punggung dan sirip dubur aligator terletak pada bagian belakang tubuh pada posisi hampir berlawanan.

Seperti penjelasan pada ulasan sebelumnaya yang berjudul ~ Ikan Aligator Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Gar ~ kebanyakan ikan ini telurnya beracun bagi unggas dan juga manusia. Akan tetapi dagingnya yang berwarna kemerahan bisa dimakan.

Untuk ikan aligator jantan memiliki testis sedangkan ikan betina memiliki ovarium.Organ bagian dalam ikan aligator ini memiliki jantung, hati, ginjal dan saluran pencernaan. Dan pada ikan aligator betina hati sangat penting untuk pembentukan bakal kuning telur - telurnya.

Ikan yang berhabitat asalnya Amerika ini agak sukar dibedakan antara ikan jantan dengan ikan betina. Perbedaannya akan terlihat bila sudah mencapai kematangan gonad.

Ikan tersebur dibedakan berdasarkan pengamatan pada ciri - ciri morfologi tubuh. Induk betina perutnya menonjol, lebih lunak, dan besar. Sementara induk jantan biasanya lebih ramping.

Inilah Klasifikasi Dan Morfologi Ikan Aligator yang bisa kami himpun dari berbagai sumber, semoga membantu.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua