Friday, 22 July 2016

Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya


Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com - Ikan palmas adalah ikan hias air tawar yang habitat asalnya adalah negara Afrika Barat. Di Indonesia ikan ini akrab dengan sebutan ikan naga. Layaknya ikan arwana yang juga disebut ikan naga.

Ikan Hias Palmas


Jika ikan arwana populer dengan nama ikan naga lantaran karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Lain halnya dengan ikan palmas yang mana memang bentuk fisiknya mirip dengan naga.

Selain akrab dengan panggilan ikan naga, ikan palmas juga seringkali disebut ikan ular atau snake like fish ( ikan yang serupa dengan ular ).

Asal - usul Polypteriforms dari Cretaceous dan masa dinosaurus, lebih dari 60 juta tahun yang lalu. Dan juga akrab dengan sebutan belut dinosaurus, seperti yang pernah admin ulas pada judul < Belut Dinosaurus, Jenis Ikan Hias Predator >

Ikan hias palmas atau ikan naga atau ikan ular ini klasifikasinya termasuk Family Polypteridae (Bichir) yang artinya ~ ikan yang bersirip banyak ~ dan berikut adalah klasifikasinya:

Klasifikasi Ilmiah Ikan Hias Palmas

 
Klasifikasi Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya

Kingdom    :    Animalia
Phylum       :   Chordata
Subphylum :   Vertebrata
Class           :   Actinopterygii
Subclass      :   Chondrostei
Order          :   Polypteriformes
Family         :  Polypteridae
Genus          :  Polypterus
Species        :  P. palmas


Keunikan Ikan Hias Palmas


Keunikan Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya

Ikan palmas menarik simpati para hobiis ikan hias untuk memeliharanya dengan keunikanya, siapa yang tidak tertarik jika melihat gerakanya yang lincah juga anggun.

Sifatnya yang seperti amfibi merayap bila berada di dasar akuarium dan sesekali berenang dengan anggunya. Sifatnya yang agresis karena ikan ini adalah karnivora, akan tetapi sering terlihat malu malu.

Bukan hanya dari segi keunikanya ikan palmas memikat hati para hobiis ikan hias, harganya yang relatif terjangkau juga salah satu alasan kenapa ikan palmas banyak di pelihara oleh para pecinta ikan hias..

Kenapa tidak, untuk medapatkan ikan unik ini harga yang ditawarkan dari para pedagang ikan hias hanya Rp 10.000 per ekornya.

Harga ikan palmas termahal yang ditawarkan berkisar diantara 1 jutaan. Itupun tidak mengurungkan niat para mania ikan palmas untuk memilikinya.

Selain keunikan yang dimiliki ikan palmas dan juga harga, warna ikan palmas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para hobiis ikan hias.

Terlebih ikan palmas albino, warnanya akan terlihat indah dan lembut, jika diberi penerangan dan juga kombinasi cayaha dari lampu ultraviolet dan lampu neon berwarna putih standar.

Ukuran maksimal ikan palmas yang 30 cm ini, bukan hanya menghipnotis para hobiis untuk memeliharanya. Bahkan para breeder ikan hias juga banyak yang mencoba untuk meraup keuntungan dengan membudidayakan ikan palmas ini.

Nah bagi yang ingin mencoba memelihara ikan predator air tawar dari Afrika Barat ini, haruslah tahu dasar dasar perawatanya. Karena ikan palmas memiliki kemampuan yang luar biasa, yang jika anda tidak mengetahui dasar cara merawat ikan hias ini, dikawatirkan di pagi hari anda sudah tidak mendapati ikan palmas masih di akuarium anda.

Tips Dasar Cara Merawat Ikan Hias Palmas


Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya yang benar

1. Menyiapkan Wadah Akuarium Untuk Merawat Ikan Hias Palmas

Menyiapkan wadah adalah langkah pertama untuk merawat ikan palmas, keindahan warna serta keunikan ikan palmas bisa kita nikmati dari samping, itu artinya wadah yang tepat adalah akuarium. Berbeda dengan ikan koi yang keindahanya bisa kita nikmati dari atas yang mana cocok untuk dipelihara dan dirawat di kolam.

Akuarium haruslah disesuaikan dengan volume ikan. Untuk ikan palmas yang berukuran kecil bisa dengan akuarium yang ukuranya 120 x 38 cm sedangkan ikan palmas yang ukuran besar akuarium yang ideal ukuranya 180 x 60 cm.

Akuarium sebisa mungkin diberi penutup, karena ikan palmas kesayangan anda bisa saja kabur dari akuarium. Itu sebabnya mengetahui dasar cara merawat ikan palmas sangatlah penting jika tidak ingin palmas melarikan diri dari akuarium.

Haaaaaa, Kabur....bagaimana mungkin ikan bisa bertahan hidup di luar air. Itu bisa saja terjadi karena ikan palmas mampu menghirup udara dengan cara yang tidak biasa, ya'ni dengan alat yang termodifikasi secara alami sehingga nampak seperti paru-paru.

Di bagian dada ikan palmas terdapat sirip yang kuat, yang mana biasanya digunakan untuk merayap. Kemampuannya ini membuat ikan ini mudah kabur jika akuarium dibiarkan terbuka.

2. Air Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas

Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya Di air yang bagus

Air dengan pH 6,5 - 7 dan temperatur 16 - 27 derajad celcius merupakan air yang ideal untuk merawat ikan palmas. Selain itu pemasangan fitrasi di perlukan untuk menjaga air agar tetap dalam kondisi bagus.

Filtrasi / fiter yang paling ideal adalah yang menjamin banyak kapasitas bio-filtrasi, terlebih yang tabung eksternal.

3. Substrat Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas


Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya Dengan Substrad pasir

Mengingat ikan palmas suka berada di dasar akuarium, substrat yang paling ideal adalah pasir, bisa juga kerikil yang lembut dan juga tanaman air.

4. Pemberian Pakan Yang Tepat Pada Ikan Hias Palmas

Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya Dengan Pakan yang baik

Sebenarnya penglihatan ikan palmas kurang begitu bagus, dan dia mencari makanan berdasarkan bau. Akan tetapi ikan palmas adalah ikan predator atau karnivora. 

Jadi pemberian pakan ikan palmas yang paling tepat adalah pakan hidup yang berukuran kecil. Seperti misalnya ikan kecil dan udang air tawar.

5. Mencampur Ikan Hias Palmas Dengan Ikan Hias Lain

Meskipun palmas adalah ikan predator, akan tetapi ikan hias ini bisa dicampur dengan ikan hias lain, seperti misalnya Knifefish atau ikan belida, Siam Tigerfish, Tinfoils.

Demikianlah Ikan Hias Palmas Dan Cara Merawatnya, semoga membantu dan bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua