Wednesday, 20 July 2016

Dasar Dasar Perawatan Ikan Aligator Yang Benar



Dasar - Dasar Perawatan Ikan Aligator Yang Benar, majalahikan.com - siapa yang tak kenal ikan aligator, ikan yang populer dan juga akrab dengan sebutan ikan buaya karena moncongnnya mirip buaya.

Inilah Dasar Dasar Perawatan Ikan Aligator Yang Benar

Biarpun kelihatan menyeramkan ternyata ikan predator air tawar ini banyak juga yang merawatnya di akuarium.

Merawat ikan bergigi tajam ini memang tidak disarankan bagi pemula ikan hias, karena teman admin sendiri yang juga pedagang ikan hias tanganya pernah digigit ikan dari Amerika ini.

Untuk itu bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias, alangkah lebih baiknya memelihara ikan hias yang mudah dipelihara. seperti misalnya ikan guppy, ikan cupang dan masih banyak lagi jenis yang lainya.

Jangan terburu buru ingin memelihara ikan berdarah dingin ini, apalagi ikan ini mampu tumbuh hingga panjangnya 4 - 7 meter dan beratnya 350 - 450 kg, yang mana merupakan ikan aligator terbesar dari semua jenis - jenis gar lainya.

Akan tetapi bagi yang benar - benar ingin memelihara ikan ganas ini, alangkah lebih baiknya megetahui dasar dasar perawatan ikan aligator yang benar berikut ini.

Memahami Perilaku Penting Dalam Perawatan Ikan Aligator


Perawatan Ikan Aligator Yang Benar


Dasar pertama cara merawat ikan aligator adalah memahami perilaku ikan ini dihabitat asalnya. Bukan hanya perilaku, kondisi air dan suhu dimana ikan predator ini hidup juga merupakan kunci sukses dalam perawatan ikan aligator ini.

Tempat Yang Baik Untuk Perawatan Ikan Aligator


Kunci Dasar Perawatan Ikan Aligator Yang Benar

Hal pertama yang musti kita siapkan untuk perawatan ikan aligator adalah wadah / tempat. Seperti penjelasan di atas bahwasanya ikan predator ini mampu tumbuh dan berkembang hingga mencapai  4 - 7 m, untuk itu siapkan wadah baik akuarium maupun kolam yang sesui dengan ukuran ikan aligataor.

Maksud dari sesuai dengan ukuran, artinya ikan bisa bergerak bebas bahkan untuk berenang memutar si ikan  tidak merasa kesulitan.

Selain pemberian makanan ikan aligator agar cepat besar, sebenarnya tempat yang ideal yang memungkinkan ikan bergerak dengan leluasa dan bebas juga penunjang ikan aligator cepat besar.

Kondisi Air Yang Dibutuhkan Dalam Perawatan Ikan Aligator


Ketahuilah Dasar Dasar Perawatan Ikan Aligator Yang Benar

Air adalah sumber kehidupan ikan, untuk memelihara ikan aligator walaupun air yang kurang bagus kualitasnyapun bisa ditolerir. Karena pada habitat asalnya ikan aligator juga bisa beradaptasi dengan kondisi air yang kurang bagus.

Akan tetapi bisa dibayangkan jika akuarium airnya keruh, pasti keindahan serta keunikan sang ikan predator ini tidak akan bisa dinikmati.

Dan pastinya jika kualitas airnya tidak bagus,  sang ikan akan berkurang nafsu makanya.

Selain itu walaupun ikan predator ini mampu mentolerir air yang kualitasnya kurang bagus, akan tetetapi, kandungan amonia yang terlalu tinggi kurang baik juga bagi ikan buaya ini, apalagi bila ditempatkan pada wadah yang dilengkapi sistem sirkulasi.

Meski bisa bertahan hidup dalam kondisi seperti ini, penggantian air musti dilakukan secara teratur tiap 10 hari sekali. Sedangkan air yang diganti cukup dari total volume air.

Untuk temperatur air usahakan berkisar antara 20-25 derajat celcius.


Makanan Ikan Aligator Yang Memenuhi Nutrisi Agar Cepat Besar


Makanan Dalam Perawatan Ikan Aligator Yang Benar

Dasar dalam perawatan ikan aligator yang ketiga adalah memahami makanan atau mangsa ikan aligator di alam bebas dan mengaplikasikanya.

Seperti penjelasan di atas bahwasanya ikan aligator bersifat predator atau pemangsa dan dihabitat asalnya ikan aligator biasa mengsa ikan, serangga, invertebrata dan juga krustasea.

Untuk itu dalam perawatan ikan aligator pola pemberian pakan juga harus sesuai seperti di alam bebas. Penyesuainya pakan ini selain bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ikan aligator, pastinya juga akan memebuatnya cepat besar.

Untuk pakan jenis ikan, bisa diberikan misalnya ikan ikan kecil yang sesuai dengan mulut ikan aligator. Jika pakan yang diberikan jenis seragga, jangkrik adalah yang pakan yang tepat.

Sedangkan untuk pakan jenis invertebrata bisa diberikan cacing, akan tetapi ini akan membuat kita ekstra dalam mengganti air. Karena cacing seringkali akan menyebabkan tank akuarium terlihat kotor. Dan untuk pemberian pakan jenis krustacea bisa diberikan udang.

Yang terpenting dalam pemberian pakan ini tidak membahayakan ikan aligator itu sendiri saat memangsanya, seperti misalnya ikan lele, ikan mas dan ikan gurame atau ikan ikan yang memiliki patil.

Selain itu berikan pakan yang masih hidup. Pengambilan / memungut dengan segera sisa - sisa makanan yang tidak dihabiskan agar kualitas air tetap terjaga.

Dan yang peling penting pemberian pakan dalam perawatan ikan aligator ini haruslah bergantian / selang seling agar sang aligator fish tidak bosan.

Perawatan Ikan Aligator Juga Membutuhkan Aksesoris akuarium Yang Dibuat Serupa Dengan Habitat Asalnya.


Perawatan Ikan Aligator Yang Baik Dan Benar

Sebelum menambahkan aksesoris, mari kita lihat dulu pada habitat asalnya. Karena aksesoris yang serupa dengan alam bebas dimana ikan ini hidup akan membuatnya bisa menyesuaikan diri dengan habitat di akuarium dan tidak mudah stres.

Ikan aligator hidup di sepanjang sungai dangkal yang ditumbuhi tanaman air. Untuk itu aksesoris yang ideal adalah beberapa tanaman air baik asli atau buatan mesti diletakkan dalam akauarium bersama batu dan pasir dan juga kayu.


Dalam Perawatan Ikan Aligator Bolehkan Mencampur Dengan Ikan Hias Lain Dalam Satu Akuarium / Kolam?


Dasar Dasar Perawatan Ikan Aligator

Seperti kita ketahui ikan aligator adalah ikan predator, bila disatukan dengan ikan hias lain, tentunya malah akan menjadi mangsa sang ikan buaya ini.

Alangkah lebih baiknya jika ikan ini dipelihara di dalam kolam atau akuarium sendirian.

Akan tetapi jika menghendaki mencampur dengan jenis ikan lain, sebaiknya memiliki ukuran yang sama.


Inilah Dasar Dasar Perawatan Ikan Aligator Yang Benar, semoga bisa membantu.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua