BTemplates.com

Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina, majalahikan.com - Ikan oscar adalah ikan hias yang indah, mulai dari kuning, albino dan hitam.

Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Warna dasarnya adalah coklat tua atau coklat muda dan agak sedikit kuning yang bercampur dengan merah tua.Pada bagian pangkal ekor ikan oscar ada warna merah tua yang menutupi sepertiga badannya dan terlihat bagaikan lukisan ( Ikan oscar batik ), sehingga oskar tampak anggun.


Inilah Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

 Ikan oscar adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari sungai Amazone, Panama, Rio-Paraguay dan Tio-Negro Amerika Selatan.

Walaupun demikian yang beredar dipasaran bukan semata - mata impor dari sana, akan tetapi para master breeder kita juga pemasok ikan hias ini.

Para master breeder yang berhasil membudidayakan ikan oscar itu karena memahami oscar dengan baik. Mulai dari air untuk habitat ikan oscar sampai permasalahan perawatan burayak atau anak - anak ikan oscar hingga siap jual.

Bahkan para breder penuh kesabaran dan berpengalaman untuk memijahkan ikan oscar. Karena cara membedakan ikan oscar jantan dan betina bisa dibilang mustahil. Dan hanya para breder profesional yang mampu melakukanya.

Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina Dengan Pengamatan


2 Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Majalah ikan katakan mustahil untuk membedakan antara ikan oscar jantan dan betina, itu karena oscar adalah ikan oscar adalah monoforik ~ ini berarti bahwa ikan oscar jantan dan betina memiliki tampilan yang sama persis, baik segi ukuran, bentuk dan pewarnaan ~

Tidak seperti ikan hias lain, seperti misalnya jenis ikan cupang, dalam budidaya ikan cupang menetukan antara jantan dan betina sangatlah mudah, karena bisa dilihat secara visual perbedaanya.

Cara membedakan ikan oscar jantan dan betina lebih sulit dibanding membedakan ikan discus jantan dengan betina, karena dibutuhkan kesabaran yang luar biasa.

Kesabaran itu adalah dengan pengamatan yang panjang mulai dari ketika ikan oscar masih kecil yang pada akhirnya akan membentuk berpasang pasang hingga berumur 12 sampai 15 bulan. Atau jika beruntung sebelum usia itu meraka sudah berpasangan.

melihat berpasangan adalah Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Menentukan ikan oscar betina adalah dengan mengamati dalam beberapa pasangan ikan oscar dia akan berenang kedasar permukaan untuk bertelur.

Sedangkan ikan oscar jantan akan berenang membuntuti sibetina dibelakangnya untuk membuahi telur telur tersebut.

betina bertelur adalah Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Jika tidak ada yang membuntuti untuk membuahi telur sang betina , itu berarti semua ikan oscar dalam penangkaran / akuarium / kolam semuanya adalah betina atau ada ikan oscar jantan yang belum siap membuahi.

Yang perlu diingat dalam cara membedakan ikan oscar jantan dan betina ini adalah sang betina bisa bertelur walau tanpa adanya ikan oscar jantan.

Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina Dengan Organ Seksual



melihat organ seksual Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Jika dirasa cara memebedakan ikan oscar jantan dan betina dengan pengamatan begitu lama, ada satu cara yang efektif untuk membedakanya. Akan tetapi membahayakan sang ikan ( penuh resiko untuk ikan oscar).

Cara ini adalah dengan mengamati secara fisik organ seksual ikan oscar ( alat kelamin ), itu berarti mengangkat ikan oscar dari air.

Para breder profesional biasanya memilih cara ini dari pada melakukan pengamatan yang berbulan bulan.

melihat alat kelamin Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina

Pada gambar di atas yang kiri menunjukkan perbedaan antara pria dan wanita ketika melihat organ seksual mereka dari bawah.

Bisa dilihat bahwasanya ikan oscar jantan memiliki dua lubang, satu adalah organ seksual dan yang satunya adalah anusnya, kedua lubang tersebu ukuranya hampir sama.

Di sisi lain, ikan oscar betina juga memiliki dua lubang, tapi satu lubang lebih besar, ini adalah di mana tabung telur menonjol.

Inilah yang bisa majalah ikan share mengenai Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina. Kritik dan saran untuk menyempurnakan artikel ini kami tunggu dari sahabat semua. dan tank sudah berpartisipasi membaca ulasan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel