Sunday, 31 July 2016

Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina



Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina, majalahikan.com - Ikan arwana adalah jenis ikan hias air tawar yang dipercaya jika dipelihara akan mendatangkan hoki / keberuntungan.

Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina

Jenis ikan arwana sendiri sangat beragam, dari kesemua jenisnya yang termahal adalah super red, karena harga per ekornya dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Ikan arwana super red adalah jenis yang paling populer dan unggulan. Bentuk ikan arwana super red sungguh indah dengan warna sisik kemerahan, membuat ikan arwana super red banyak disukai orang. Ikan arwana super red adalah ikan hias asli Indonesia, habitat aslinya di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat.

Karena ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi menjadikan arwana super red banyak dibudidayakan.

Walaupun ikan arwana super red bersasal dari kalimantan, akan tetapi ada juga wilayah di luar kalimantan yang membudidayakan ikan arwana jenis super red ini, salah satu lokasi budidayanya terdapat di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat.

Untuk menghasilkan ikan arwana super red yang terbaik dalam budidaya, pastinya juga harus menyiapkan indukan yang berkualitas unggul.

Menyiapkan indukan arwana yang unggul baik jantan maupun betina bukanlah pekerjaan yang mudah seperti membalikan telapak tangan.

Untuk itu majalah ikan akan mengupas tuntas bagaimana cara membedakan ikan arwana jantan dengan betina sebelum anda berkeinginan membudidayakan ikan arwana.


Tips Tips Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina

 
tips Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina

Seperti yang saya katakan sebelumnya membedakan ikan arwana jantan dan betina bukanlah pekerjaan yang mudah. Layaknya ikan oscar dan ikan discus, untuk membedakan ikan oscar jantan dan betina dan membedakan ikan discus jantan dan betina juga lumayan susah.

Akan tetapi itu sebanding dengan penghasilan ketika berhasil membudidayakan ikan arwana ini, bisa dibanyangkan jika harga ikan arwana satu ekor mencapai puluhan juta rupiah.

Langkah pertama cara membedakan ikan arwana jantan dan betina adalah dengan mengamati morfologi ikan arwana, mulai dari bentuk tubuh, kepala, sirip punggung.

a, Perbedaan Bentuk tubuh Ikan Arwana Jantan Dan Betina
- Ikan arwana jantan bentuk tubuhnya memanjang
- Ikan arwana betina buntuk tubuhnya melebar

b, Perbedaan bentuk kepala ikan arwana
Memebedakan ikan arwana jantan dan betina dari bentuk kepala ini bisa dilakukan jika dilihat dari atas

- Ikan arwana jantan bentuk kepalanya lebih runcing
- Ikan arwana berina bentuk kepalanya agak bulat

c, Perbedaan sirip punggung arwana
- Ikan arwana jantan bentuk sirip punggungnya memanjang dan sedikit runcing
- Ikan arwana betina bentuk sirip punggungnya lebar.
 

Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Melihat Penutup Insang


Selain itu ada cara lagi untuk membedakan ikan arwana jantan dan betina, yaitu dengan memperhatikan dan membandingkan lebar penutup insang (operculum) seperti terlihat pada Gambar 1 di bawah ini.


Operculum pada ikan arwana terlihat mirip dengan huruf 'A'. Seperti pada gambar di atas yang yang huruf 'A' nya lebar itu menandakan ikan arwana betina sedanglan yang huruf 'A' sedikit ciut itu berarti ikan arwana jantan.



Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Memperhatikan Rahang.


Ikan arwana ini unik, layaknya dalam budidaya ikan cupang yang menjaga telur hingga burayak lahir adalah induk jantan. Ikan arwana jantan mengerami telur dan menjaga burayak di mulut / rahangnya.



Maka dari itu cara membedakan ikan arwana jantan dengan betina juga bisa dilihat dengan besar kecilnya rahang. Wujud rahang ikan arwana jantan lebih dalam serta luas, sedangkan betina lebih sempit.

Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Gerakan Ketika Berenang



Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Gerakan Ketika Berenang

Gerakan ikan arwana saat berenang sebenarnya juga bisa sebagai acuan untuk cara membedakan ikan arwana jantan dengan betina.

Ikan arwana jantan terlihat indah gemulai dan juga anggun saat bergerak, itu karena postur tubuhnya yanng langsing dan panjang. Sedangkan ikan arwana betina akan nampak kaku karena bentuk tubuhnya yang pendek dan juga gemuk.

Akan tetapi untuk melihat perbedaan ikan arwana jantan dan betina dengan cara ini, ikan arwana haruslah yang sudah berumur lebih dari lima tahun . Karena ikan arwana yang kurang dari lima tahun itu adalah masa pertumbuhan.

Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Menggunakan Indeks Kelamin Arowana (AGI)


Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Menggunakan Indeks Kelamin Arowana (AGI)

Disamping cara yang disebutkan di atas, ada satu lagi cara membedakan ikan arwana jantan dengan betina. Yang mana cara ini lahir dari hubungan kerja riset yang dikerjakan oleh qian hu serta alex chang dari ngee ann polytechnic.

Riset ini membuahkan metode arowana gender index / Indeks Kelamin Arowana (AGI). Yang menarik dari metode ini yaitu menawarkan suatu hal yang simple, murah dan juga efektif.

Penentuan type kelamin dengan (AGI) ini melalui pengukuran garis-garis linear pada ikan arwana yang sudah dewasa ( umur tahun atau lebih ).


Menurut si perancang, keberhasilan untuk membedakan jenis kelamin arwana yaitu 70%. dengan catatan, bahwa pengukuran mesti dikerjakan pada arwana yang sehat, normal dan tidak cacat.


Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Paling Akurat Tapi Berbahaya


Cara cara di atas keakuratanya belum bisa seratus persen, akan tetapi setidaknya semua ciri ciri yang disebutkan mengidentifikasikan perbedaan ikan arwana jantan dan betina.

Yang terakhir dan yang paling akurat untuk membedakan ikan arwana jantan dan betina adalah dengan melihat organ reproduksi ikan arwana.

Jika di lakukan pengurutuan dari bagian perut ke arah kloaka akan mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan itu berarti ikan arwana jantan. Akan tetapi jika tidak mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan berarati ikan arwana tersebut adalah betina.

Metode ini mengandung resiko terhadap ikan arwana, karena harus mengeluarkanya dari air, dan bisa saja mengakibatkan hal hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya arwana mati. Makanya metode ini harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

Demikianlah Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina  untuk sahabat yang ingin mengais rizki dengan budidaya ikan arwana, atau hanya ingin sekedar tahu ciri ciri ikan arwana jantan dan betina.

Kritik dan saran dari sahabat semua majalah ikan tunggu unutuk menyempurnakan bahasan ini. Dan terima kasih.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua