Saturday, 16 July 2016

Budidaya Ikan Toman Di Akuarium



Budidaya Ikan Toman Di Akuarium, majalahikan.com - ikan toman merupakan ikan air tawar yang bersifat predator.

Budidaya Ikan Toman Di Akuarium

Untuk melihat ikan toman, mulai dari klasifikasinya, hingga manfaat dan kerugian ikan toman silahkan bisa anda lihat di Mengenal Lebih Dekat Ikan Toman.

Tidak ketinggalan pula juga disebutkan harga ikan toman di ulasan tersebut, baik kisaran harga ikan toman hias / yang dipelihara di akuarium maupun sebagai ikan konsumsi.

Tingginya harga ikan toman di pasaran, apalagi yang sebagai ikan hias akuarium, menjadikan banyak yang mulai mencoba untuk membudidayakan ikan toman ini.

Serta manfaat ikan toman yakni memiliki kandungan albumin yang sangat bermanfaat untuk menyebuhkan penyakit / bekas luka seperti oprasi .

Dan juga manfaat ikan toman untuk ikan asin, yang menjadikan permintaan pasar sebagi ikan konsumsi, juga sebagai salah satu alasan pembudidayaan ikan air tawar ini.

Terlebih ikan toman yang berukuran besar sudah jarang sekali ditemukan di alam bebas, juga salah satu alasan banyak orang berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan toman.

Selain daripada itu biasanya ikan toman kecil juga diperjualbelikan untuk pakan ikan hias yang bersifat predator seperti misalnya ikan arwana, ikan badut pisau, ikan oscar dan yang lainya.


Cara Cara Yang Dilakukan Untuk Budidaya Ikan Toman Di Akuarium, Keramba, Dan Kolam Terpal



cara Budidaya Ikan Toman Di Akuarium dan keramba

Ada banyak cara dalam budidaya ikan toman ini, yang paling populer adalah budidaya melalui media keramba.

Media keramba di sukai oleh para pembudidaya, karena ikan toman akan lebih cepat besar karena lebih alami ketimbang dengan media terpal ataupun kolam beton.

Kelemahan dari budidaya ikan toman di keramba ini hanya bisa dilakukan pada pinggir - pinggir sungai. dan itu hanya bisa dilakukan oleh para pembudidaya yang dekat dengan sungai.

Bagi yang tidak dekat deangan sungai dan tidak bisa menggunakan keramba, budidaya ikan toman sebenarnya bisa juga dilakukan dengan media kolam terpal ataupun kolam beton.


Budidaya Ikan Toman Di Akuarium dan Kolam Terpal

Hanya saja dalam media tersebut juga diperlukan lahan yang luas dan juga butuh modal besar.

Nah solisi bagi yang tidak bisa menggunakan keramba, maupun kolam terpal dan beton karena lahan terbatas, sebenarnya budidaya ikan toman
di akuarium juga bisa dilakukan .


Hanya saja karena media yang dipakai didak luas, maka hasil yang akan didapat tentunya juga tidak bisa mengimbangi dengan media lain.

Budidaya Ikan Toman Dengan Media akuarium


Cara Budidaya Ikan Toman Di Akuarium

Untuk membudidayakan ikan toman di akuraium, selain tidak memrlukan banyak modal juga mudah untuk dilakukan.

Sebaiknya dalam budidaya ikan toman di akuarium langsung membeli bibit saja, karena kalau diawali dengan pemilihan induk, pemijahan dan penatasan telur akan memakan waktu cukup lama.

Dan juga karena proses tersebut membutuhkan ketelitian, karena harus membedakan ikan toman jantan dan betina dan sebagainya.


Pemberian Pakan Ikan Toman


Bibit Untuk Budidaya Ikan Toman Di Akuarium



Seperti kita ketahui bahwasanya ikan toman adalah ikan predator. Dengan melihat sifat ini maka untuk memberi makan ikan toman dalam budidaya di akuarium, maka sediakan pakan yang masih hidup.

Jika bibit ikan toman yang dibeli baru berusia 5 hari, maka kutu air adalah pakan yang tepat untuk ikan toman kecil.

Yang perlu digaris bawahi terkadang ikan toman juga memakan kawanya sediri ( kanibal ), maka jangan sampai telat dalam meberi pakan.

jika dirasa ikan toman sudah cukup  besar, makanan yang disukai ikan toman adalah ikan yang berukuran kecil yang bisa masuk kemulutnya.


Cara Panen Ikan Toman


Panen Budidaya Ikan Toman Di Akuarium

Seperti kita ketahui bahwasanya ikan toman bisa dijadikan ikan hias maupun ikan konsumsi.

Inilah kelebihan ikan toman, dapat dipanen kapan saja menurut kebutuhan, tidak seperti budidaya ikan lele, budidaya ikan nila, budidaya ikan gurame dan ikan air tawar lainya.

Jika ingin dijual sebagai pakan ikan hias predator, maka ukuran ikan toman yang di panen sesui permintaan pasar.

Begitu pula jika ikan toman dipanen untuk ikan konsumsi atau sebagai ikan hias.


Demikianlah Budidaya Ikan Toman Di Akuarium, semoga memberi informasi dan inspirasi.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua