Sunday, 24 July 2016

Budidaya Ikan Corydoras, Inilah Langkah Langkahnya



Budidaya Ikan Corydoras, Inilah Langkahnya, majalahikan.com - Ikan corydoras adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Venezuela, Trinidad ( Amerika Selatan).

 Inilah Langkah Langkahnya Budidaya Ikan Corydoras,

Dalam perdagangan ikan hias ikan corydoras juga akrab dengan sebutan Bronze Catfish. Di pasaran ikan corydoras pada saat ini sudah banyak berkembang spesies yang harganya bisa dibilang mahal.

Seperti misalnya jenis ikan corydoras paleatus, ikan corydoras panda dan ikan corydoras sterbai. 

Untuk budidaya ikan corydoras jenis ini memerlukan suhu pemijahan yang relatif rendah dibanding corydoras lainya, yaitu antara 24-26° C.

Ikan corydoras bisa tumbuh hingga panjang tubuhnya 12 cm, yang mana tubuhnya pendek dan juga terlihat gemuk dan pada punggungnya lebih melengkung dibandingkan dengan bagian perutnya.

Pada kedua sisi corydoras dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah dan kumis inilah yang berfungsi sebagai indera peraba.

Mulut corydoras mengarah ke bawah karena memudahkan ikan ini mencari makan di dasar air. Jika anda bermaksud untuk membudidaya ikan corydoras ini sebenarnya mudah sekali. Hanya 4 langkah saja dan anda akan berhasil.


Langkah - Langkah Dalam Budidaya Ikan Corydoras


Budidaya Ikan Corydoras, Inilah Langkah Langkahnya

1. Menyiapkan Induk Ikan Corydoras

Langkah pertama yang musti dilakukan untuk budidaya ikan corydoras adalah menyiapkan induk jantan dan betina.

Induk betina ikan corydoras yang siap untuk dipijahkan adalah yang sudah berumur lima bulan.Sedangkan ikan corydoras jantan yang siap pijah ciri cirinyA tubuh mirip terpedo, dan dari ekor hingga insang belakang tampak meruncing. Ukuran tubuh corydoras jantan lebih kecil ketimbang betina dan sirip depan juga lebih runcing

Untuk membedakan ikan corydoras jantan dan betina adalah dengan dengan melihat ukuran si ikan.

Lihatlah dari atas jika tubuh ikan corydoras lebih besar, bulat dan tubuhnya lebih luas. Maka bisa dipastikan itu adalah ikan corydoras betina.


Indu jantan dan betina Budidaya Ikan Corydoras

sedangkan untuk mengetahui ikan corydoras jantan biasanya cenderung memiliki sirip dada yang sedikit lebih besar.


Untuk membudidayakan ikan corydoras bisa juga dilakukan secara masal, dengan perbandingan 3 jamtan untuk 1 betina.

2. Perhatikan Saat Ikan Corydoras Akan Bertelur

Budidaya Ikan Corydoras dan bertelur

Di alam bebas biasanya ikan corydoras bertelur pada musim hujan. Untuk mendorong ikan corydoras cepat kawin atau memijah anda bisa memanipulasi air.

Jika ikan corydoras sudah mulai terlihat perilaku memijah atau kawin, lakukan perubaban suhu air sedikit lebih dingin.

Biasanya perilaku ikan corydoras akan memijah, corydoras jantan akan mengejar - ngejar corydoras betina.

Begitu corydoras selesai kawin, corydoras betina akan menempatkan telurnya di antara daun daun tanaman air yang ada di akuarium atau di dinding kaca akuarium.

Kurang lebih Telur yang menetas sebanyak 660-70%, tergantung keberuntungan juga.

3. Pemindahan Telur Telur Ikan Corydoras
 

telur dalam Budidaya Ikan Corydoras

Setelah betina bertelur, pisahkan segera telur telur dari induk. Karena jika tidak telur telur akan dimakan oleh sang induk.

Pemindahan ini bisa yang di pindah adalah si induk, atau telurnya. Jika telur telur diletakan oleh sang induk di tanaman yang ada di akuarium, tanaman tersebut bisa dipindahkan ke tempat / wadah / akuarium yang lainya.

Sedangkan jika telur telur diletakan oleh sang induk di dinding akuariu, bisa anda pindahkan dengan jaring halus dengan hati hati.

4. Pemberian Pakan Pada Anak Anak Corydoras

 

Burayak dalam Budidaya Ikan Corydoras

Telur - telur akan menetas dalam waktu 3 - 5 hari. Setelah telur menetas jangan langsung diberi pakan hingga mereka mampu berenang sendiri dengan bebas. Karena burayak ikan corydoras masih membawa cadangan makanan.

Setelah anda dapati burayak mampu berenang bebas, barulah bisa anda beri makan naupili ( artemia ).Setelah burayak ikan corydoras berumur seminggu bisa diberikan pakan berupa microworm atau kutu air


Terima kasih dan semoga anda tidak merasa kesulitan dalam mempraktekan Langkah Langkah Budidaya Ikan Corydoras ini.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua