Wednesday, 29 June 2016

Ikan Air Tawar Terbesar Yang Ada Di Dunia


Ikan Air Tawar Terbesar Yang Ada Di Dunia,  majalahikan.comUkuran ikan yang besar memang menjadi kebanggan bila pemancing mania mendapatkanya. Terlebih jika ukuranya raksasa, yang mana bisa memecahkan rekor.

Ikan yang berukuran besar tidak hanya pernah atau ada di laut, akan tetapi pada air tawarpun ternyata banyak juga jenis ikan yang ukuran besarnya hampir sebanding dengan ikan air laut.

Berikut ini admin sajikan ikan air tawar terbesar dari berbagai belahan dunia.


Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia Yang Pernah Ditemukan


1. Ikan Air Tawar Terbesar Paddlefish



Paddlefish ikan air tawar terbesar di dunia
Paddlefish
Di urutan pertama ikan air tawar terbesar adalah Paddlefish atau American Paddlefish (Polyodon spatula). Dan termasuk ikan air tawar terbesar yang masih ada sampai saat ini.

Beratanya bisa mencapai 27 kg dan panjangnya bisa mencapai 1, 52 m.


Dinami Paddlefish, karena memiliki moncong pada hidungnya yang menyerupai dayung (paddle). Panjang moncongnya sekitar sepertiga panjang total tubuhnya. Moncong ini lebih dikenal dengan sebutan rostrum.

American paddlefish menggunakan rostrum ( moncongnya ) untuk mendeteksi mangsa. Karena pada rostrum terdapat elektroreceptor yang sensitif.

Moncongnya juga untuk menggali makanan atau mencabutnya dari rerumpunan tanaman. Elektroreceptor pada moncong / rostrum ini juga digunakan dalam sistem navigasi ikan dalam bermigrasi.

Makanan utama American paddlefish adalah zooplankton dengan cara  membuka mulutnya lebar-lebar saat berenang sehingga akan meraup semua zooplankton.

American paddlefish terkadang juga memangsa crustacea dan bivalvia. Sedangkan  Paddlefish ini berhabitat asli di sungai Mississippi, Amerika utara yang berarus tenang.

Paddlefish juga disebut dengan nama Mississippi Paddlefish atau Spoonbill.

American paddlefish hanya memiliki satu spesies lain dalam familynya ya'ni Chinese paddlefish (Psephurus gladius) yang ditemukan di sungai Yang Tze China.

Perbedaan anatara American paddlefish dan Chinese paddlefish adalah moncong Chinese paddlefish yang lebih panjang dibanding american paddlefish.


Chinese paddlefish ikan air tawar terbesar
Chinese paddlefish

american paddlefish ikan air tawar terbesar
American paddlefish

Keberadaannya American paddlefish sekarang terancam. Oleh negara bagian Texas, ikan air tawar terbesar ini dilindungi sejak 1977, dan penangkapan ataupun pembunuhannya merupakan tindakan melanggar hukum.

Begitu pula dengan Chinese paddlefish di tahun 1983 secara resmi pemerintah Cina melarang penangkapan Chinese paddlefish, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil.


American paddlefish juga termasuk salah satu ikan hias air tawar yang harganya cukup mahal. Karena American paddlefish sudah sangat jarang ditemui di toko toko ikan hias, alias ikan hias langka.

2. Ikan Air Tawar Terbesar Taimen ( Srigala Sungai )

Yang kedua dari ikan air tawar terbesar adalah Taimen.

 

Taimen ikan air tawar terbesar
Taimen

Taimen bisa mencapai ukuran raksasa yakni dengan Berat  bisa mencapai Berat 104 kg dan panjangnya panjang 2, 13 m.

Taiman merupakan ikan predator yang sangat ganas dan memangsa apa saja baik hewan laut maupun hewan darat seperti misalnya burung dan bebek, itu sebabnya Taimen dijuluki ( srigala sungai ).

Bahkan taimen mampu menelan mangsanya yang ukuranya lebih besar dari ukuran tubuhnya. Taimen merupakan spesies terbesar dari keluarga salmonid, seperti ikan salmon dan trout.

Taiman bisa dijumpai diperairan air tawar Rusia dan Mongolia. Di Mongolia sendiri taimen dianggap sebagi anak dari roh sungai kuno dan sangat dihormati oleh kaum Budha.

Ikan predator raksasa ini menjadi salah satu buruan pemancing yang sangat disukai sehingga pada saat ini sangat jarang dijumpai ikan taimen yang berukuran besar.

Kepala ikan taimen berwarna abu - abu kehijauan dan tubuhnya berwarna coklat kemerahan.



Ikan Air Tawar Terbesar Di Amazon


3. Ikan Air Tawar Terbesar Arapaima

Arapaima, pirarucu, atau paiche ( Arapaima Gigas ) adalah salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia.

 

Arapima ikan air tawar terbesar
arapaima gigas

Ikan karnivora ini memiliki hubungan dekat dengan jenis ikan arwana, akan tetapi bentuknya lebih mirip dengan ikan snake head.

Ikan arapaima gigas memiliki sifat yang unik, pasalnya pada musim kemarau, ketika air semakin sulit, arapaima gigas akan menggulungkan dan membenamkan sedalam mugkin kedalam lupur hingga musim penghujan tiba.


Arapaima gigas berasal dari perairan daerah tropis Amerika Serikat. Yakni Sungai Amazon yang mana sering terlihat ikan ini muncul dipermukaan air untuk mengambil nafas.
 

Ukuran terbesar ikan arapaima panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 200 kilogram.

Dewasa ini sudah sangat jarang arapaima gigas dijumpai atau ditemukan yang berukuran serti itu, karena arapima gigas ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk dan juga di ekspor ke Negara lain.


4. Ikan Air Tawar Terbesar Alligator Gar

Ikan aligator gar merupakan ikan prasejarah, pasalnya ikan ini sudah ada sejak zaman prasejarah.



Ikan aligator  ikan air tawar terbesar
Ikan aligator gar

Algator gar juga termasuk ikan air tawar terbesar di dunia dan dari semua jenis gar, aligator gar adalah yang paling besar ukuranya.

Untuk melihat jenis - jenis ikan aligator bisa sahabat lihat pada tulisan yang berjudul Ikan Aligator Terbesar Dari Semua Jenis Jenis Gar

Ukuran terbesar ikan aligator gar beratnya bisa mencapai 158,7 kg dengan panjang 3 m.

 

aligator gar  ikan air tawar terbesar di dunia
aligator gar

Ciri ciri ikan aligator gar sangatlah menyeramkan dan menakutkan, karena pada bagian mulutnya mirip dengan buaya. Akan tetapi dibalik bentuknya yang menyeramkan, sejauh ini belum ada ikan aligator gar yang menyerang manusia.

Ikan aligator gar memiliki warna tubuh hijau atau kuning zaitun dan tubuhnya dipenuhi dengan sisik.

Ikan aligator gar bisa dijumpai di tenggara Ameika serikat, terkadan ikan air tawar raksasa ini juga bisa dijumpai di selatan Meksiko.

Ikan aligator gar memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan menangkapnya dianggap sangat bergengsi. Selain itu menangkap ikan aligator gar membutuhkan perjuangan dan berbahaya.




Ikan Air Tawar Terbesar Yang Pernah Ditemukan Di Asia

 
5. Ikan Air Tawar Terbesar Mekong Giant Catfish

Mekong Giant Catfish atau Pangasianodon gigas atau ikan patin raksasa adalah ikan salah satu spesies ikan berkumis ( ordo Siluriformes ) yang termasuk dalam familia Pangasiidae.


Mekong Giant Catfish ikan air tawar terbesar
Mekong Giant Catfish
Akan tetapi yang membedakan Mekong Giant Catfish tidak memiliki sungut dan gigi. Seperti namanya ikan lele terbesar atau Mekong Giant Catfish ini berasal dari Sungai Mekong di Asia Tenggara.

Mekong Giant Catfish juga bisa ditemukan di Sungai Chao Phraya " Sungai Menam". Berat ikan lele terbesar di dunia ini bisa mencapai 300 kg dan dengan panjang 3 m.


Mekong Giant Catfish ikan air tawar terbesar di dunia
Ukuran Terbesar Mekong Giant Catfish
Mekong Giant Catfish juga termasuk ikan yang terncam punah banyaknya spesimen yang tertangkap.


Ikan Air Tawar Terbesar Beratnya Setengah Ton Lebih


6. White Sturgeon

White Sturgeon merupakan ikan air tawar terbesar yang ditemukan di amerika utara dan pertama kali ditemukan di Teluk alaska.


 White Sturgeon ikan air tawar terbesar di dunia
White Sturgeon
White Sturgeon juga bisa dijumpai di daerah barat Amerika Serikat dan juga kanada. Pada dasarnya White Sturgeon habitat aslinya berada di sungai, danau dan juga pantai di subtropis, iklim sedang dan juga sub arktik.

Sturgeon merupakan ikan dari famili ikan bertulang tertua yang masih hidup hingga saat ini. White Sturgeon memiliki tubuh yang sangat panjang, dan beberapa spesies bisa mencapai 6, 1 m, hidup dengan Berat 680,4 kg.

 

White Sturgeon ikan air tawar terbesar di dunia
White Sturgeon Terbesar


White Sturgeon memiliki umur yang sangat panjang, bahkan usianya bisa mencapai 100 th. Sedangkan beberapa spesies ikan White Sturgeon mencapai kematangan seksual di usia 20 tahun.

White Sturgeon memiliki empat helai kumis yang muncul di mulutnya yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa.

Mangsa White Sturgeon adalah kerang, crustacea dan juga ikan kecil.
 
Ikan White Sturgeon biasanya hidup di dasar sungai ynag arusnya lambat dan menghabiskan sebagian waktunya untuk mencari makan di dasar air.

White Sturgeon tidak memiliki gigi layaknya ikan predator lain. Akan tetapi ikan White Sturgeon yang berukuran besar mampu menelan mangsanya yang besar, bahkan seluruh bagian tubuh ikan salmon dan bayi anjing laut mampu ditelanya.

White Sturgeon termasuk kategori invertebrata, penampilanya mirip dengan ikan hiu terlebih pada ekornya. Disebut White Sturgeon karena warna punggungnya berwarna abu - abu serta warna permukaan ventral.

Beberapa spesies White Sturgeon dipanen telurnya untuk dibuat kavair, sejenis makanan mewah dan dan sangat berharga.

White Sturgeon merupakan ikan yang berstatus rentan, terancam punah atau kritis, karena lambatnya dalam berkembang dan juga lambat menjadi dewasa.

Makanya ikan air tawar terbesar kedua ini sangat rentan dengan ekploitasi dan juga ancaman lainya seperti misalnya polusi dan fragmentasi habitat.


7. Ikan Air Tawar Terbesar Pari

 

 pari raksasa ikan air tawar terbesar di dunia
Ikan Pari Air Tawar
Yang terakir dari jenis ikan air tawar terbesar di dunia adalah ikan pari air tawar, Beratnya bisa mencapai 700 kg dan Panjangnya 7 m.

Ikan Pari Air Tawar tinggal di dasar sungai - sungai di asia dan biasanya memangsa udang dan juga ikan - ikan. Ikan raksasa berbentuk pipih ini mempunyai alat penyengat yang panjangnya lebih dari 2 meter.

Ikan Pari Air Tawar juga tergolong ikan yang mudah dilatih layaknya ikan lumba - lumba dan anjing laut.

Demikianlah 7 ikan air tawar terbesar yang bisa majalahikan.com suguhkan, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.


Baca juga : Jenis Ikan Predator Air Tawar Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua