BTemplates.com

Ciri Ciri Lumba Lumba(Dolphin) Dan 21 Jenisnya

Ciri Ciri Lumba Lumba(Dolphin) Dan 21 Jenisnya ~ majalahikan.com ~ Pernah dengar lirik lagu anak - anak?

Si lumba-lumba bermain bola
Si lumba-lumba bermain api
Si lumba-lumba menghitung angka

Nah itulah kehebatan dari atraksi lumba lumba yang dinyanyikan oleh Bondan Prakoso.


Ciri Ciri Lumba Lumba


Admin sendiri ketika mendengar lagu si lumba lumba tersebut pada saat masih kecil sangat suka. Akan tetapi karena rasa penasaran yang luar biasa dalam benak admin dulu timbul beberapa pertanyaan.

Dintara pertanyaan-pertanyaan itu adalah:
 

Seperti apakah ciri ciri lumba lumba itu?
Benarkah seperti yang ada di TV atraksi lumba lumba itu? 
Dan apakah cuma itu jenis lumba lumba?
Benarkah lumba lumba melahirkan, bukankah dia termasuk jenis ikan, kenapa melahirkan?

Dan masih banyak lagi sederetan pertanyaan yang ingin admin ketahui jawabanya tentang ikan lumba lumba hewan air yang cerdas itu, maklumlah namanya anak anak dan hidup di desa pula.....he he he.

Nah untuk kali majalahikan.com akan berbagi tentang lumba-lumba, karena masih banyak sebagian dari kita yang belum tau persis ciri ciri lumba lumba, bahkan banyak juga yang mengatakan bahwasanya semua jenis lumba lumba di katakan lumba lumba jenis hidung botol, padahal sebenarnya tidaklah demikian.


Ciri Ciri Lumba Lumba ( Dolphin )


Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambarnya

Berikut adalah beberapa ciri ciri umum dan khusus lumba lumba

1. Ciri Ciri Lumba Lumba Adalah Hewan Mamalia

Lumba lumba sebenarnya adalah mamalia laut  yang memiliki hubungan kekerabatan dengan paus.

Bukan Jenis dari ikan, mamalia berarti hewan yang melahirkan. Jadi lumba lumba melahirkan dan penyebutan ikan lumba lumba sebenarnya kurang pas, kerena jika ikan seharusnya bertelur bukan beranak.

Jadi lumba lumba melahirkan dan juga menyusui anak anak mereka dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar.


2. Ciri Ciri Lumba Lumba Bernafas Dengan Paru Paru

 

Ciri Ciri Lumba Lumba bernafas dengan paru paru


Mamalia yang cerdas ini bernafas dengan paru paru. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernafas supaya tetap hidup, Untuk itu ia harus melompat ke permuakaan air untuk menghirup oksigen dengan lubang udara yang terletak di atas kepalnya.

Ada beberapa jenis lumba- lumba yang harus naik ke permukaan untuk bernafas setiap 20 sampai 30 detik

Sedangkan bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara.

3. Ciri Ciri Lumba Lumba Adalah Hewan Yang Cerdas


Lumba lumba mempunyai kecerdasan yang luar biasa dan mudah dijinakan serta dilatih oleh manusia. Dari semua jenis lumba lumba, jenis hidung botol adalah yang paling cerdas

4. Ciri Ciri Lumba Lumba Adalah Hewan Penolong

suka menolong manusia yang kebetulan tersesat atau terombang ambing di tengah laut (biasanya lumba lumba menolong dan membimbing menuju perairan ramai), selain itu ia juga bisa mengetahui kapan bencana gempa akan terjadi.

Itulah 4 ciri ciri umum pada lumba lumba.

Karena semua jenis lumba lumba di kira sebagian dari kita ikan lumba lumba adalah jenis hidung botol, ada baiknya juga majalahikan.com merangkum jenis jenis lumba lumba, nah berikut adalah urainya.


21 Jenis Lumba Lumba Dan Gambarnya


Ciri Ciri Lumba Lumba Serta 21 Jenis

Nama lumba-lumba atau dolphin (dalam bahasa Inggris) berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “delphis” yang berarti “ikan yang memiliki rahim/kandungan”

Lumba lumba sudah ada sejak 10 juta tahun yang lalu, pada masa Miocene dan hingga saat ini kita masih dapat melihat keberadaannya.

Mamalia cerdas ini dapat ditemukan hampir di seluruh belahan dunia dan terdiri atas 40 jenis yang terbagi atas 17 genus



1. Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus)

 

Ciri Ciri Lumba Lumba Hidung Botol


Nama latinnya adalah Tursiops truncatus sedangkan lumba lumba ini dalam bahasa Inggris disebut dengan berbagai nama seperti Common Bottlenose Dolphin, Bottlenose Dolphin, Bottle-nosed Dolphin, dan Bottlenosed Dolphin.

Ciri ciri lumba-lumba hidung botol memiliki warna abu-abu yang bervariasi, mulai dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung lalu ke abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah.

Corak warna Lumba-lumba hidung botol ini membuatnya sulit dilihat dari atas maupun dari bawah.

Lumba-lumba hidung botol adalah yang paling populer dan sering kita lihat atraksi lucunnya di vidio maupun di penangkaran ataupun di wahana - wahana.
 

Habitat Lumba-lumba hidung botol berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan/Samudra Antarktika.

Ukuran Lumba-lumba hidung botol terbesar saat dewasa memiliki panjang antara 2 sampai 4 meter dan berat dari 150 sampai 650 kilogram.

2. Lumba Lumba Bergaris Putih (Striped Dolphin)



Ciri Ciri Lumba Lumba bergaris putih

Striped Dolphin / Lumba Lumba Bergaris Putih adalah anggota keluarga Delphinidae dari paus bergerigi.

Di seluruh lautan di Dunia lumba lumba bergaris putih bisa dijumpai, hanya saja perairan laut yang beriklim sedang dan tropis.

3. Lumba Lumba Totol ( Spotted Dolphin )




Ciri Ciri Lumba Lumba Totol


Habitat lumba lumba totol adalah seluruh lautan di Dunia, baik pada perairan iklim tropis ataupun subtropis. Akan tetapi untuk jenis lumba lumba totol Atlantik cuma bisa jumpai hanya di Samudra Atlantik.

Nama latinnya adalah Stenella attenuata, sedangkan dalam bahasa Inggris lumba-lumba totol disebut dengan beberapa nama seperti Pantropical Spotted Dolphin, Bridled Dolphin, dan Narrow-snouted Dolphin.

Ciri ciri lumba lumba totol tubuhnya relatif kecil, untuk ukuran pada saat lahir sekitar 80 -90 cm sedangkan saat dewasa dengan panjang sekitar 2,5 meter.

Lumba Lumba totol moncongnya ramping dengan berat 114 kg dan termasuk lumba-lumba yang aktif dan atraktif dengan lompatan yang tinggi.

Umurnya lumayan panjang, bahkan bisa hidup hingga 40 tahun, sedangkan seksual dicapai pada usia 10 - 12 tahun.

4. Lumba-lumba Risso (Grampus griseus)




Ciri Ciri Lumba Lumba Risso


Habitat Lumba-lumba Risso adalah perairan yang beriklim sedang dan tropis, Samudra Hindia, Pasifik dan Atlantik Persia, Mediterania dan Laut Merah.

Nama latin lumba-lumba ini adalah Grampus griseus, sedangkan dalam bahasa Inggris dinamai sebagai Risso’s Dolphin atau terkadang disebut juga sebagai Grey Dolphin.

lumba-lumba jenis Risso ini saat dewasa panjangnya bisa mencapai 4,3 meter sedangkan beratnya 500 kg.

Ciri ciri Lumba-lumba Risso kepalanya bulat memiliki lipatan vertikal di depan dengan tubuh anterior dan sirip punggung yang relatif besar

5. Paus Lumba Lumba ( Northern Right Whale Dolphin)

 

Ciri Ciri Paus Lumba Lumba




Habitat Paus Lumba Lumba ( Lissodelphis borealis) adalah di Samudra Pasifik Utara. Hidup dalam kelompok dan dalam setiap kelompok kurang lebih ada sekitar 2000 ekor Paus Lumba Lumba.

6. Lumba Lumba Southern Right Whale Dolphin

 

 Ciri ciri Lumba Lumba Southern Right Whale Dolphin

Ciri ciri Lumba Lumba Southern Right Whale Dolphin tubuhnya kecil, ramping, pendek, tidak adanya gigi yang nampak terlihat, adanya lubang sembur tunggal, tidak memliki sirip punggung, aktif dan cepat dalam berenang.

Warna tubuh jenis lumba lumba Southern Right Whale Dolphin pada bagian atas hitam dan pada bagian bawah putih.

Habitat Lumba lumba ini di perairan dingin sebelah bumi selatan. Sedangkan jenis makanan lumba lumba Southern Right Whale Dolphin adalah cumi-cumi dan gurita.

7. Lumba Lumba Tucuxi ( Sotalivia Fluviatilis )



Ciri Ciri Lumba Lumba Tucuxi

Tucuxi merupakan lumba lumba yang habitatnya di Sungai amazon Basin.


Boto juga salah satu lumba lumba Sungai amazon, akan tetapi Tucuxi  tidak memiliki keterkaitan denganya.


8. Lumba-lumba Punggung Bungkuk Indo-pasifik (Sousa chinensis)

 

Ciri Ciri Lumba Lumba Sousa Chinesis


Nama ilmiahnya adalah Sousa chinensis, Sedangkan dalam bahasa Inggris memiliki beberapa nama seperti Indo-pacific Hump-backed Dolphin, Indo-Pacific Humpbacked Dolphin, Indo-pacific Humpback Dolphin, atau Chinese White Dolphin.

Ciri ciri Lumba-lumba Punggung Bungkuk Indo-pasifik warna tubuhnya merah jambu. Jenis ini termasuk lumba lumba langka.

Panjang tubuhnya 3,5 meter dan panjangnya 150-230 kg, bisa bertahan hidup hingga 40 tahun.

9. Lumba Lumba Fraser's Dolphin ( Lagenodelphis hosei )

 

Ciri Ciri Lumba Lumba dan Gambar Lagenodelphis hosei


Atau lebih dikenal dengan nama lumba lumba serawak merupakan Catacea dari keluarga Delphinidae. Habitatnya di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia serta Atlantik.

Panjang tubuhnya sekitar 1 meter dan memiliki berat 20 kg ketika masih kecil, sedangkan saat dewasa panjang tubuhnya mencapai 2,75 m dengan berat 200 kg.

Ciri khusus lumba lumba Fraser's Dolphin tubuhnya kekar dan gempal, sirip punggung kecil bahkan lebih kecil jika dibandingkan spesies lumba-lumba lainnya. Bagian atas tubuh berwarna abu-abu kebiruan atau kecoklatan sedang bagian bawah biasanya pucat putih atau merah muda

10. Lumba Lumba Boto ( Lumba lumba pink )




Ciri Ciri Lumba Lumba  Dan GambarLumba Lumba Boto


Boto adalah lumba lumba air tawar yang ditemukan di sungai Amazon.

Ciri ciri lumba lumba Boto adalah warna tubuhnya pink dan Lehernya amat begitu fleksibel, sehingga memungkinkan mereka untuk menolehkan kepala hingga 180 derajat kebelakang. Ini membantu mereka untuk bergerak lebih bebas di wilayah perairan dalam, perairan padang rumput, sungai, dan perairan dangkal

Jenis makanan lumba lumba pink adalah krustasea, lele dan ikan air tawar.Sedangkan Lumba lumba amazon ini ukuran tubuhnya bervariasi akan tetapi pada umumnya bisa mencapai 2,5 atau 3 meter panjang, dengan berat sekitar 90 kilogram.

Boto, adalah jenis lumba lumba yang paling cerdas, ramah dan memiliki kapasitas otak 40% lebih besar daripada manusia.

11. Lumba lumba Pesut Mahakam





Ciri Ciri Lumba Lumba  Dan GambarPesut Mahakam


Nama latinnya adalah Orcaella brevirostris, sedangkan
Pesut adalah lumba-lumba air tawar. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Irrawaddy Dolphin atau Snubfin Dolphin.

Lumba lumba Pesut Mahakam merupakan satwa yang terancam punah, populasinya hanya tinggal 50 ekor.

Habitat lumba lumba Pesut Mahakam adalah sungai Mahakam, Mekong dan Sungai Irawadi.

Pesut Mahakam adalah Lumba lumba air tawar, jenis makanan lumba lumba ini adalah ikan dan udang air tawar.

12 Lumba-Lumba Belang (Stenella coeruleoalba)




Ciri Ciri Lumba Lumba Dan GambarStenella coeruleoalba


Nama latin hewan ini adalah Stenella coeruleoalba sedangkan dalam bahasa Inggris disebut sebagai Striped Dolphin atau Euphrosyne Dolphin.

Panjang tubuhnya 2,7 meter dengan berat mencapai 160 kg yang hidup menyebar mulai dari Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia, dan laut yang berdekatan, termasuk di perairan Indonesia.

13. Lumba-lumba Gigi Kasar (Steno bredanensis)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar Steno bredanensis


Nama ilmiah lumba-lumba ini adalah Steno bredanensis juga sering disebut dengan Rough-Toothed Dolphin.

Ciri ciri Lumba-lumba Gigi Kasar warna tubuhnya gelap dengan bibir putih dan tenggorokan dan jubah dorsal gelap yang sempit antara sirip blowhole dan punggung. Perut (ventral) permukaan memiliki bintik-bintik tidak teratur dan bercak-bercak.

Ciri bentuk Lumba-lumba Gigi Kasar kepalanya kecil dengan paruh yang panjang tanpa lipatan di melon. sirip punggungnya relatif besar dan tinggi dan terletak di pertengahan kembali dan mereka memiliki sirip yang relatif panjang (sirip dada).

14. Lumba-lumba Hidung Botol Indo-Pasifik (Tursiops aduncus)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar Tursiops aduncus


Nama latinya Tursiops aduncus sedangkan dalam baaahasa Inggris dikenal sebagai Indo-pacific Bottlenose Dolphin, atau Indian Ocean Bottlenose Dolphin.


Ciri ciri
lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik warna dan tubuh  bagian atas berwarna abu-abu gelap sedangkan perut berwarna abu-abu agak keputihan dengan bintik-bintik abu-abu.

Berat tubuh Tubuh Lumba-lumba Hidung Botol Indo-Pasifik dewasa 230 kg dan panjangnya 2,6 meter.

sebelumnya Jenis Lumba-lumba Hidung Botol Indo-Pasifik  dianggap spesies yang sama dengan Lumba lumba Hidung Botol (Tursiops truncatus), akan tetapi pada tahun 1998 dianggap sebagai spesies tersendiri.

15. Lumba Lumba Paus-pilot Sirip-pendek (Globicephala macrorhynchus)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan GambarGlobicephala macrorhynchus


Nama latin jenis lumba-lumba ini adalah Globicephala macrorhynchus Gray, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Short-finned Pilot Whale atau Pacific Pilot Whale.

Paus-pilot Sirip-pendek adalah Lumba Lumba terbesar di Dunia, panjang tbuhnya 3.7 – 5,5 dan beratnya mencapai 1 – 3 ton.

16. Lumba-lumba Moncong Panjang (Delphinus capensis)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar Delphinus capensis


nama latinya Delphinus capensis Gray, dan juga dikenal dengan Lumba-lumba moncong panjang atau Long-beaked Common Dolphin.

ciri ciri khusus lumba lumba jenis ini Memiliki moncong yang panjang, tubuh abu-abu dan juga ramping, warna sirip punggung dan perut putih dan panel dada berwarna kekuningan.

Panjang tubuhnya secara keseluruhan mencapai 1,9 hingga 2,5 meter dan beratnya mencapai 80-235 kg.

17. Lumba Lumba Paus Pembunuh Palsu (Pseudorca crassidens)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar Pseudorca crassidens


nama latinya Pseudorca crassidens sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai False Killer Whale.

Warna tubuhnya gelap kecuali pada bagian di dekat tenggorokan dan dada tengah.

Dengan panjang ukuran tubuhnya mencapai 4,5 – 6 meter dengan berat tubuh sekitar 700 kg menjadikan masuk kategori ukan lumba lumba terbesar di Dunia setelah
Lumba Lumba Paus Pembunuh (Orcinus orca).

18. Lumba-lumba Pemintal (Stenella longirostris)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar Stenella longirostris



Nama latinya adalah Stenella longirostris sedangkan Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Spinner Dolphin, Long-beaked Dolphin, atau Long-snouted Dolphin.

Seperti halnya anggota genus Stenella lainnya, Lumba-lumba Pemintal memiliki tubuh relatif kecil dengan panjang sekitar 2 meter dan berat antara 59-77 kg.

Atraksi Lumba-lumba Pemintal sungguh hebat karena ketika melompat bisa sambil berputar beberapa kali pada sumbu tubuh mereka.

19. Lumba Lumba Paus Pembunuh Kerdil (Feresa attenuata)



Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar Feresa attenuata


Nama latinnya adalah Feresa attenuata, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Pygmy Killer Whale atau Slender Blackfish.

Tubuhnya berwarna gelap dengan beberapa bagian berwarna putih kecil di bibir dan perut.

Panjang tubuhnya 2,6 meter dengan berat sekitar 170 kg.

20. Lumba lumba Paus Elektra (Peponocephala electra)



Ciri Ciri Lumba Lumba GambarPeponocephala electra



Nama latinya Peponocephala electra, sedangkan bahasa Inggris dikenal sebagai Melon-headed Whale atau Electra dolphin.

Juga disebut dengan Paus berkepala melon dan kadang-kadang digolongkan sebagai blackfish.

Ukuran tubuhnya 2,7 meter dengan .berat 210 kg.

21. Lumba Lumba Paus Pembunuh (Orcinus orca)



OrCiri Ciri Lumba Lumba Dan Gambar cinus orca


Nama latinnya adalah Orcinus orca, sedangkan Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Killer Whale atau Orca.

Inilah lumba lumba terbesar di Dunia kerena memiliki panjang 10 meter dan 10 ton.


Ciri ciri Lumba Lumba Paus Pembunuh Tubuh bagian atas berwarna hitam dengan bercak putih di dekat mata, dada dan sisi tubuh berwana putih.

Gambar Gambar Atraksi Lumba Lumba

Atraksi lumba lumba main bola

Ciri Ciri dan gambar atraksi Lumba Lumba


Atraksi lumba lumba lompat cincin


Ciri Ciri Lumba Lumba Dan Gambarnya atraksi


Demikinlah sekelumit tentang Ciri Ciri Lumba Lumba (Dolphin) Dan 21 Jenisnya. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel