BTemplates.com

Mengenal Lebih Dekat Ikan Toman

Ikan Toman (Channa micropeltes), majalahikan.com - Ikan toman Adalah ikan predator air tawar yang juga sering dijadikan ikan aquarium. Postur tubuh ikan toman layaknya terpedo. Warnaya yang cantik pada saat toman berusia 2 bulan juga menjadikan daya tarik bagi kolektor ikan hias untuk memeliharanya.
 Ikan Toman Aquqrium

Ikan toman merupakan ikan air tawar tebesar dalam sukunya (gabus ~> channidae). Semua suku ini adalah hewan karnivora atau predator.

Berikut adalah klasifikasi ikan toman:

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Channidae
Genus: Channa
Spesies: C. micropeltes

Layaknya ikan gabus, ikan toman adalah predator yang agresif. Di habitatnya hidup biasanya toman memangsa ikan - ikan kecil, serangga dan juga kodok kecil atau precil. Makanya para mancing mania biasanya memakai kodok ini sebagai umpan ikan toman paling jitu untuk mendapatkan strike dalam memancing ikan toman.

Keagresifan ikan toman akan nampak begitu buas menyerang siapa saja yang mendekat ketika mereka sedang mengasuh anaknya, karena ia berfikir akan mengganggu anak-anaknya.
Mancing Ikan Toman
foto-mancing.blogspot.com

Akan tetapi untuk orang banjar melihat peluang yang sangat baik sekali ketika melihat perilaku ikan toman yang sangat agresif ketika menjaga anak-anaknya ini, pasalanya mereka memancing ikan toman dan ikan gabus dengan cara menggunakan belibis yang diikat sebagai pengganggu agar induk mendekat, lalu diumpan dengan daging kodok.

Ikan toman juga termasuk ikan predator air tawar yang unik, karena selain insang toman juga punya paru-paru primitif yang menjadikanya mampu bertahan pada kondisai air yang minim kadar oksigenya, bahkan mereka bisa melakukan perjalanan pendek di lumpur.

Disebut dengan snakehead, karena kepala ikan toman mirip dengan ular sanca. Rahangnya yang kuat serta gigi-gigi ikan toman yang tajam merupakan senjata yang sangat ampuh sebagai ikan predator.
Rahang dan Gigi Ikan Toman
www.rare.org

Harga Ikan Toman Di Pasaran Ikan Hias Maupun Ikan Konsumsi

Ikan Hias Toman
archive.kaskus.co.id

Ikan toman hias berbeda dengan ikan toman konsumsi soal harganya. Sebagai ikan hias, toman biasanya dijual pada saat masih kecil. Karena pada usia kecil toman warnanya sangat cantik, yakni tubuhnya berwarna kekuningan dan memiliki garis berwarna merah dibagian tengahnya.
Sedangkan ikan toman yang yang dikonsumsi harganya cukup mahal, utuk 1 kg nya saja bisa mencapai 60 rb. Mahalnya ikan toman ini disebabkan kerena ikan toman memiliki manfaat yang luar biasa, ya'ni membantu proses penyembuhan penyakit.
Manfaat ikan gabus toman ini dikarenakan adanya kandungan albumin yang ada didalamnya, bahkan admin pernah menengok iklan di olx, harga ikan gabus toman yang masih hidup per kg bisa mencapai 80 rb. 
Mahalnya harga jual ikan toman menjadikan banyak juga dari para breder ikan untuk mencoba meraup keuntungan dengan budidaya ikan toman.


Manfaat Ikan Gabus Toman Dan Kerugianya 


Selain mempunyai kandungan albumin yang sangat bermanfaat untuk menyebuhkan penyakit, ikan toman juga sangat bermanfaat bagi para petani yang padinya di makan keong emas.
Hama keong emas biasanya menyebabkan para petani gagal panen, akan tetapi jika para petani mau mengembangbiakan ikan toman di sawahnya sebenarnya akan sangat membantu mengurangi populasi keong emas tersebut.
Ikan toman juga menjadi mata pencaharian bagi warga Sumatra dan Kalimantan. Pasalnya ikan toman yang ditangkap oleh mereka baik dari rawa-rawa, sungai, ataupun danau dijadikan ikan asin yang di jual ke pulau lain, seperti jawa dan yang lainya.
 Ikan Asin Toman
id.wikipedia.org
Akan tetapi jika ikan toman ini masuk di kolam para petani ikan malah berbahaya dan merugikan, karena sebagai ikan predator yang memangsa ikan kecil, ikan toman bisa saja memangsa semua ikan yang ada di kolam.
Inilah yang bisa admin sampaikan untuk Mengenal Lebih Dekat Ikan Toman, Semoga bermanfaat.

referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Toman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel