Friday, 18 March 2016

Ikan Louhan, Asal Muasal Dan Ciri-Cirinya Yang Berkualitas Yang Harus Anda Ketahui

Asal Muasal Ikan Louhan


Ikan Louhan - Ikan yang populer karena jenong atau nong-nong pada kepalanya. Bukan hanya itu, varian warnanya yang indah serta markingnya yang unik juga daya tarik dari ikan silangan ini.

Ternyata sampai saat ini ikan louhan masih memiliki penggemar setia, terbukti dari pengalaman saya ketika berkunjung di toko-toko ikan hias, ikan louhan masih laris-manis terjual.

Taukah anda jika ikan louhan sebenarnya bukan ikan asli yang pernah hidup di alam liar, ikan hias unik nan indah ini adalah hasil silangan. Mari kita lihat sejarah ikan louhan ini.

Klasifikasi Dan Asal - Usul Ikan Louhan

Klasifikasi ikan louhan
Gambar Ikan Louhan/f15louhan.blogspot.com

Ikan Louhan, berikut adalah klasifikasinya.
Klasifikasi Ilmiah Ikan Louhan:

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Amphilophus
Spesies: A. trimaculatus

Asal - Usul Ikan Hias Louhan
Asal Muasal Ikan Louhan, Dan Ciri-Cirinya
Gambar ikan red devil/ikanhiasahmad.blogspot.com


Ikan Louhan atau dalam bahasa inggris lebih populer dengan (Flowerhorn) adalah ikan hias air tawar yang terkenal dengan warna sisisk dan benjolan yang khas di bagian kepalanya yang sering disebut dengan jenong.

Jenong ikan louhan inilah daya tariknya, terutama orang negara Malaysia yang mana jenong ikan louhan dikenal dengan Karoi atau "kapal perang". Berbeda orang dari negara Taiwan, mereka menyukainya karena louhan dianggap sebagai ikan hias hoki, akan tetapi harus louhan yang jenongnya besar dan bagus serta yang ekornya panjang.

Di tahun 1994, Ikan red devil ( Amphilouhus labiatus. Cichlasoma labiatum ) yang telah diimpor dari negara Amerika Tangah ke Negara Malaysia dan hasil dari hibrida parrot cichild yang diimpor dari negara Taiwan ke negara Malaysia yang dibesarkan secara bersamaan, yang pada akhirnya menandai kelahiran ikan louhan.

Di tahun 1995 perkawinan persilangan diadakan lebih lanjud dengan Human Face Red good of Fortune, yang akhirnya menghasilkan jenis ikan baru yang disebut Five-Colors God of Fortune.

Karena warna ikan hasil silangan ini sangat indah, akhirnya cepat menjadi populer. Penyempurnaan secara selektif terus berlanjut hingga pada tahun 1998, ketika Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Pembelasteran ini akhirnya menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhorn Hua Lou Han, yang kemudian diikuti dengan perkenalan flowerhorn berikutnya.

Ikan Louhan datang ke dunia barat yaitu pertama kali diimpor ke Amerika Serikat, hanya ada dua jenis ikan ini yang ditrisbusi, Flowerhorn dan Golden Base. Maka dari itu datanglah dua varietas, mereka dengan mutiara (binti-bintik perak putih pada sisik) dan yang tidak.

Sedangkan Ikan Louhan Golden Base juga memiki dua varietas, jenis yang pudar dan yang tidak pudar. Dari semua jenis ikan louhan yang tanpa mutiara dengan cepat disusul popularitasnya oleh ikan louhan yang memiliki mutiara, yang disebut dengan Zhen Zhu.

Jenis ikan louhan yang tersedia di pasar Amerika pada tahun 1999 ada empat jenis.

1. Ikan Louhan ( Flowerhorn ) Biasa
2. Ikan Louhan ( Flowerhorn ) Skala Mutiara
3. Ikan Louhan ( Flowerhorn ) Emas
4. Ikan Louhan ( Flowerhorn ) Fader

Peternak komersial pengembang biak, dan ikan yang dipilih untuk penampilan tanpa memperhatikan terminologi, akibatnya nama  menjadi hal yang membingungkan dan akhirnya jenis keturunan ikan louhan menjadi sulit untuk dilacak.

Pada sekitar 2000-2001, munculah berbagai jenis louhan kamfa yang mana adalah hasil dari hibrida setiap jenis louhan yang disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan Parrot Cichild jenis apapun. Yang akhirnya munculah sifat baru seperti mulut pendek, ekor terbungkus, mata cekung dan jenong yang makin besar dibagian kepala.

Melihat kejadian ini, para penangkar yang memebesarkan Zhen Zhu untuk mengembangkan lebih cepat dan menjadi lebih berwarna untuk bersaing dengan Louhan kamfa.

Baca juga : jenis Dan Harga Louhan

7 Ciri-Ciri Ikan Louhan Yang Berkualitas Bagus

Ciri-Ciri Ikan Louhan
www.monsterfishkeepers.com

Ikan Louhan yang memiliki kualitas bagus berikut adalah ciri-cirinya:

1. Sirip atas dan bawah dan seimbang
2. Bintik hitam tegas dari pangkal ekor sampai insan
3. Lingkaran warna perak keemasan metalik melingkari bintik hitam
4. Tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan
5. Warna dasar tubuh merah cerah dan kuning cerah
6. Sirip dan ekor merekah melebar dan utuh
7. Jenong di kepala tampak proporsional dan Mata merah satu lingkaran penuh.

 Baca juga : 10 Tips Cara Merawat Dan Mempercepat Jenong Ikan Louhan

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_Lou_han

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus