Sunday, 6 March 2016

Cara Memelihara Ikan Koi Dan Merawatnya Agar Sehat Serta Cemerlang Warnanya

Cara Memelihara dan merawat Ikan Koi

Cara Memelihara Ikan Koi, majalahikan.com - Bagi seorang penggemar ikan hias memiliki berbagai jenis ikan hias merupakan kebanggaan dan kepuasan tersendiri.

Sekarang coba tengok di akuarium atau kolam ikan hias anda, sudah adakah ikan mas koi? Tentunya dari berbagai jenis ikan hias tak lengkap rasanya jika belum memiliki ikan koi.

Ikan hias yang satu ini memang sangat indah, dan keindahan ikan koi terletak pada warnanya, akan tetapi kesempurnaan dalam keindahan ikan koi jika kita lihat dari atas.

Sah-sah saja jika ikan koi dipelihara di akuarium, toh warnanya tetap terlihat cerah dan bagus. Akan tetapi keistimewaan pada warna ikan koi bukan dilihat dari samping, melainkan pada punggungnya.

Seperti misalnya ikan koi kohaku, ikan ini akan benar-benar istimewa jika kiwa ( batas tepi warna ) jelas, nah warna putih ikan koi kohaku dan warna merahnya serta kiwa akan nampak jelas jika dilihat dari atas.

Cara Memelihara Ikan Koi kohaku
www.hobiikanhias.com

Begitu pula dengan jenis ikan koi yang lainya, semuanya akan nampak sempurna baik tubuh dan warnanya jika dinikmati dari atas. Maka dari itu dalam cara memelihara ikan koi yang paling tepat adalah di kolam bukan di akuarium.

Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Koi

tips Cara Memelihara Ikan Koi
majalahasri.com

 

Setelah anda memutuskan untuk menambah koleksi ikan hias anda dengan ikan koi, tentunya menginginkan ikan koi selalu sehat, berenang di kolam dan tentunya bisa menemani anda dengan keindahanya di sela - sela kesibukan anda.

Untuk membuat ikan koi sehat diperlukan perawatan yang baik, perawatan yang baik terhadap ikan mas koi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas warnanya.

Di samping itu memelihara dan merawat ikan koi dengan penuh kasih sayang akan meminimalisir kematian pada ikan koi.

Beberapa Tips Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Koi 

 1. Membuat Kolam Ikan Koi Yang Nyaman Dan Indah

Cara Memelihara  Ikan Koi di kolam
gentadekorasialam.blogspot.com

Yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam ikan koi adalah kedalaman kolam, banyak yang beranggapan keindahan ikan koi akan terlihat sempurna jika koi terlihat dengan jelas, makanya banyak juga yang mendesain kolam ikan koi dengan kedalaman yang agak dangkal.

Sebenarnya boleh saja memebuat kolam ikan koi dangkal, akan tetapi seperti yang kita ketahui bahwasanya ikan koi dapat tumbuh dengan ukuran yang besar, atau ukuran jumbo.

Nah jika koi ditempatkan pada kolam yang dangkal seiring dengan pertumbuhan koi, maka bentuk tubuh koi akan menjadi kurang bagus atau bongkok.

Bukan hanya tubuh koi, jika tetap memelihara ikan koi di kolam yang dangkal, warna koi pun akhirnya akan pucat karena terkena sinar matahari.

Selain kedalaman kolam, juga harus diperhatikan pula jumlah koi yang akan dipelihara di kolam dengan kelebaran kolam haruslah tepat.

Filter yang baik juga sangat berpengaruh bagi kesehatan koi, maka pertimbangkan pula saat membeli dan memasang filter kolam koi.

Yang terpenting dalam cara membuat kolam ikan koi, kolam harus dibuat senyaman mungkin agar koi sehat, tak perlu lebar-lebar yang peting sesuai dengan lahan anda.

Biarpun kolam ikan koi sederhana dan minimalis, dalam cara memelihara ikan koi dan merawatnya asalkan kolam indah, nyaman untuk sang koi, dan mudah dalam perawatanya.


2. Pengisian Air Yang Bagus Pada Kolam Ikan

Cara Memelihara Ikan Koi di air kolam yang bagus
www.agusharis.net

Air adalah kunci dalam cara memelihara dan merawat ikan koi agar sehat.

Jika air yang digunakan dari sungai ataupun sumur, maka air harus diendapkan terlebih dahulu sebelum ikan koi dimasukan.

Dan ketika mengisi air pada kolam, perlu diperhatikan jarak air ke bibir kolam minimal 25 cm, hal demikian dimaksudkan agar ikan koi tidak melompat ke keuar kolam.

Untuk memaksimalkan air pada kolam, kolam bisa di lengkapi dengan saluran pembuangan di bagian bawah, dan pipa untuk menyalurkan air bersih pada bagian atas.

3. Memasang Filter Kolam Koi

Cara Memelihara Ikan Koi dengan filter kolam
balizengarden.blogspot.com

Kunci dari memelihara ikan koi adalah air, sedangkan kunci dari air yang bagus adalah fiter yang baik.

Keruhnya air kolam terjadi karena beberapa faktor, seperti kotoran ikan, lumut, alga, daun yang jatuh di kolam dan sisa makanan.

Parahnya lagi, air kolam yang keruh membuat kadar oksigen sedikit, dan menjadikan ikan berebut oksigen, ditambah dengan sisa makanan dan kotoran ikan, akan menimbulkan gas amonia

Gas amonia yang melebihi batas akan menimbulkan racun, dan akhirnya ikan koi akan mati lemas. 

Untuk menjaga air tetap dalam kondisi bagus, bisa dipasang filter empat lapis, filter ini terdiri dari empat komponen,

1. Komponen filter kolam ikan koi pertama ~ yang terdiri dari kerikil, pasir dan ijuk. Fungsi dari filter pertama ini adalah menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam.

2. Komponen filter kolam ikan koi kedua ~ yang berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan bau tak sedap, racun dan membunuh bibit penyakit.

3. Komponen filter kolam ikan koi ketiga ~ yang berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai dan berperan dalam proses penjernihan air kolam.

4. Komponen filter kolam ikan koi keempat ~ berupa tanaman atau bebatuan yang bisa mengikat kotoran.

Sedangkan untuk membuat pertumbuhan koi baik, derajat keasaman atau pH air sebaiknya 6,5 - 8,5. Dan untuk menjaga sirkulasi air, bisa dipasang pompa air yang bisa menyalurkan 25 liter air setiap menitnya.

Fiter semacam ini akan memebuat air bagus dan jernih, akan tetapi untuk lebih baiknya gantilah air setiap dua minggu sekali, supaya zat-zat racun dari sisa makanan yang yang terurai menjadi nitrit berbaya bagi kesehatan ikan koi bisa terbuang.

Dan jangan lupa pula bersihkan filter dan bak filter supaya awet dengan cara semprot dengan air bersih selama 5-10 menit.


Berikan Makanan Ikan Koi Yang Bagus


Cara Memelihara Ikan Koi dengan pakan yang baik
halomalang.com
Pemberian makanan inilah hal yang sedikit rumit dalam cara memeihara dan merawat ikan koi.

Akan tetapi jika pemberian makanan pada ikan koi ini tepat, maka koi akan tumbuh sehat dan warnanya cemerlang.

Ikan koi adalah ikan yang bersifat omnivora, akan melahap segala jenis makanan yang diberikan.

Akan tetapi, bukan berarti bisa diberikan makanan sesuka hati anda. Karena ikan koi juga butuh asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan koi, baik itu berupa pakan alami maupun buatan.

Makanan Koi juga harus mengandung suplemen yang bisa diperoleh dari jenis sayur-sayuran, roti, cacing, atau bisa juga buah-buahan tertentu.

Koi juga ikan yang rakus, jika diberikan makanan banyak juga akan dimakan semuanya, bisa dibilang ikan koi selalu lapar.

Berilah makan ikan koi secukupnya saja, jangan berlebihan. Karena jika koi makan terlalu banyak hanya akan membuat kolam cepat kotor, itu disebabkan karena kotoran ikan koi.

Semakin banyak koi makan, maka kotoranya juga banyak dan akhirnya koi jadi tidak nyaman dan mati. Apabila jika ikan koi kekenyangan juga menyebabkan kematian.

Ikan koi juga mempunyai nafsu makan yang berbeda pada setiap musim. Seperti misalnya pada musim kemarau, koi akan makan dengan lahap, begitu pula sebaliknya nafsu makan ikan koi akan berkurang pada saat musim dingin.

Semoga setelah memebaca postingan  cara memelihara ikan koi dan merawatnya agar sehat serta cemerlang warnanya, ikan koi anda sehat dan warnanya tampil indah saat menemani hari-hari anda.

Baca juga : Panduan Mudah Dan Lengkap Budidaya Ikan Koi
 

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua