Thursday, 1 October 2015

Ikan Hias Blue Gourami


Ikan Hias Blue Gourami



Blue Gourami, sering kita kenal dengan nama sepat biru atau sepat rawa punya nama ilmiah Trichogaster trichopterus. Ikan yang bertubuh pipih dan bermoncong runcing sempit, panjang total hingga 120mm. Warnanya perak buram kebiruan atau kehijauan, dengan beberapa pita miring berwarna gelap, serta bercak hitam masing-masing sebuah pada tengah sisi tubuh dan pada pangkal ekor. Namanya dalam bahasa Inggris, Three spot gourami, merujuk pada kedua bintik hitam itu, ditambah dengan mata sebagai bintik yang ketiga. Sirip ekor berlekuk (berbelah) dangkal, berbintik-bintik.




Ikan Hias Blue Gourami di sebutbjuga Labyrinth Fish, yang berarti mereka bernapas langsung dari udara dan harus memiliki akses ke permukaan akuarium.
Adanya organ labirin (labyrinth) di ruang insangnya, yang amat berguna untuk membantu menghirup oksigen langsung dari udara. Adanya labirin ini memungkinkan ikan-ikan tersebut hidup di tempat-tempat yang miskin oksigen seperti rawa-rawa, sawah dan lain-lain.


Ikan ini yang paling sering dijumpai di pasaran ikan hias Indonesia. Warna pada Gurami biru ini dapat berubah secara signifikan, terkadang terlihat lebih nyata dan terkadang pucat, tergantung suasana hati sang ikan. Biasanya warna Ikan Hias Blue Gourami akan semakin nyata dan gelap pada saat masuk tahapan pemijahan.

Habitat Asli Ikan Hias Blue Gourami

Sepat rawa menyebar di Indocina terutama di lembah Sungai Mekong, dan di Indonesia barat, yakni di Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Sekitar tahun 1938, sepat ini dimasukkan ke Danau Tondano dan tempat-tempat lain di Sulawesi.


Blue Gourami ini sebelum jadi ikan hias hidup aslinya di rawa-rawa, danau, aliran-aliran air yang tenang, dan umumnya lahan basah di dataran rendah termasuk sawah-sawah serta saluran irigasi. Di saat musim banjir, penyebarannya meluas mengikuti aliran banjir ini.  Blue Gourami  memangsa zooplankton, krustasea kecil dan aneka larva serangga. Pada musim berbiak, ikan jantan membangun sebuah sarang busa untuk menampung dan memelihara telur-telur sepat betina, yang dijagainya dengan agresif.




Spesies Ikan Hias Blue Gourami

 Ikan Hias Blue Gourami memiliki beberapa varian spesies, diantaranya:
1.Three-spot gourami
 




Ikan Hias Three-spot gourami memiliki dua bulatan hitam horizontal (pada tubuhnya) sejajar dengan mata.


2. Opaline gourami atau Cosby gourami










Ikan Hias Opaline gourami atau Cosby gourami memiliki corak (semburat) loreng hitam semi-vertikal pada tubuhnya 


3. Golden gourami












Ikan Hias Golden gourami berwarna keemasan dengan corak yang dimiliki Gurami biru


4. Silver gourami














  Ikan Hias Silver gourami berwarna biru keperakan


5. Gurami biru albino
















Ikan Hias Gurami biru albino  memiliki gen albino sehingga terlihat putih.


Sekian dulu untuk Ikan Hias Blue Gourami, untuk anda yang ingin lebih ingin tau satu persatu jenis Ikan Hias Blue Gourami, jangan lupa baca juga artikel majalahikan.com ya.


0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua