Friday, 18 September 2015

Jenis Ikan Koi Termahal

 

Jenis Ikan Koi Gosanke

majalahikan.com - Seperti yang kita ketahui, ikan koi adalah ikan hias air tawar yang akan terlihat kecantikan, keindahan dan keanggunanya di kolam, bukan di akuarium. Untuk memebedakan jenis koi, bisa dibedakan dari segi warna, ukuran, dan pola. Dan diantara jenis koi yang paling terkenal adalah Gosanke, ya'ni sebutan untuk tiga jenis variates ikan koi  kohaku,
taisho sanshoku, dan showa sanshoku. Mari kita kenali satu persatu tiga jenis ikan koi ini.

1. Kohaku

Jenis Ikan Koi Termahal Kohaku
Kohaku adalah salah satu jenis koi yang paling indah, dengan pola tubuh warna putih (harus benar-benar putih seperti putihnya salju) dan intens merah murni, merah jelas merata, konsisten tanpa bintik dan merah tidak pada sirip (sirip harus putih). Kiwa adalah tepi pada pola warna merah dengan warna putih, kiwa ini harus tajam dan jelas.

 Jenis Ikan Koi Termahal Jenis Kohaku

Awal mula keluarnya beni (merah) mulai tampak dengan warna kuning pucat, berubah jadi oranye dan akhirnya merah. Untuk koi jantan pengembangan warna merah ditahun-tahun pertama dan kedua, namun warna merahnya cenderung berkurang ditahun berikutnya. Sedangkan untuk betina pengembangan warna merah cenderung lebih lama dibanding jantan, namun warna merah sangat berkilau dan bertahan bertahun-tahun sehingga membuat betina benar-benar populer di kalangan penggemar koi.
Jenis Ikan Koi Termahal marutan kohaku 15 juta


Shimi adalah bintik-bintik hitam kecil yang terbentuk di kulit kohaku dikarenakan kondisi air yang kurang bagus, kohaku memang cukup sesitif terhadap kondisi air. Pengembangan merah (beni) akan terbentuk jika  kondisi air bagus.


Jenis Ikan Koi Termahal nidan kohaku

Untuk idealnya Kolam ikan koi  volume airnya 1000 galon dengan substrat baik kerikil, batu, dan tanaman hardy akan sangat ideal untuk Kohaku. Koi bisa hidup sampai 200 tahun, tetapi pada umumnya hidup 25 sampai 35 tahun.

 Jenis Ikan Koi Termahal maruten kohaku

Kohaku hadir dalam ribuan pola tanpa ada yang sama, tetapi ada beberapa pola yang lebih dikenal/populer.

2.Taisho Sanshoku
 
Jenis Ikan Koi Termahal Thaiso

Taisho Sanshoku (Sanke) adalah koi non-metalik yang memiliki warna dasar putih dengan dua pola warna, yaitu merah dan hitam. Taisho Sanshoku merupakan persilangan Kohaku dan Shiro Bekko. Warna hitam pada Sanke boleh berada di seluruh tubuh kecuali di bagian kepala.

3.Showa sanshoku 

Jenis Ikan Koi Termahal Showa

Secara historis, koi Showa barangkali adalah varian yang termuda. Awalnya Koi Showa mempunyai tampilan yang kurang menarik, memiliki hi kekuningan dan sumi yang biasa saja. Pada tahun 1965 Tomiji Kobayashi berupaya memperbaiki keturunan Showa dengan cara menyilangkan seekor Showa betina dengan pejantan Sanke dan Kohaku. Hasilnya adalah warna merah tua yang menyala, hitam yang mengkilap, dan kulit seputih salju, seperti yang kini banyak dijumpai.

Ikan Koi Termahal Tahun 1986

Harga ikan hias koi sangat vareatif, mulai dari yang ukuran 3-5 cm sekitar 3000 an. Pada tahun 1986 Koi Ginrin showa dari Jepang yang panjangnya 76 cm mencetak rekor Ikan Koi Termahal, ya'ni dibadrol dengan harga 50.000 poundsterling.

Ikan Koi Termahal 76 cm


Ikan  Koi Termahal Tahun 2014

Ikan koi adalah ikan yang berasal dari Jepang. Sebenarnya, ikan ini   digunakan untuk konsumsi oleh masyarakat  Jepang pada waktu itu. Ikan ini merupakan hasil persilangan dari ikan emas. Namun, seiring perkembangan zaman, ikan ini dikembangbiakan menjadi banyak jenis warna dan pola warna yang sangat menarik. Perbedaan antar jenis ikan koi didasarkan atas pola warna ikan, sisik ikan, dan lainnya. Hal tersebut menjadikan ikan koi terlihat jauh lebih cantik dan menarik dari pada jenis ikan koi yang sebelumnya. Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikan ikan koi ini sebagai ikan hias dan tidak lagi digunakan untuk konsumsi.

Kerumunan Ikan Koi Termahal

Di bulan November 2014 majalah ferboes.com memposting harga Ikan Koi Termahal yang diberi nama Black Dragon ukuran 57 cm, usia 2 tahun dengan jenis kelamin betina seharga 26 juta yen atau setara dengan Rp 2,68 milyar

Ikan Koi Termahal di jepang
Black Dragon

Senagnya berbagi informasi Jenis Ikan Koi Termahal, semoga memberi tambahan informasi bagi pembaca, terimakasih atas kunjunganya. Untuk lebih mengetahui apa saja jenis ikan koi kohaku, silahkan baca juga  jenis ikan koi kohaku.



0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus