Thursday, 24 September 2015

Ikan Hias Discus


Ikan Hias Air Tawar Termahal, diskus orange

majalahikan.com - Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan Amazon. Disebut discus karena bentuknya seperti piringan (disc) dengan warna-warni yang atraktif. Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, sehingga disebut raja akuarium.

Ikan Discus juga dinobatkan jadi Ratu Kecantikan, karena ikan ini yang paling cantik dan paling indah di perairan air tawar. Warna kulitn ikan hias sangat indah dan berwarna warni diseluruh tubuhnya sehingga menggoda pencinta ikan hias untuk membeli atau tak bosan-bosan melihatnya. Saat bergerak dengan lenggak-lenggok di dalam akuarium yang akan membuat jatuh hati bagi orang yang melihatnya.

Cara Merawat Jenis Ikan Hias Discus

Makanan ikan discus ini bisa diberikan cacing beku dan juga pellet berbentuk granule dan tenggelam di dalam air. Tentu saja pemberian vitamin dan conditioner air sangat diperlukan supaya ikan tetap sehat dan bebas penyakit. Jantung sapi yang diblender dan dibekukan bisa juga digunakan sebagai pakan yang bagus untuk warnanya. Supaya ikan kita berwarna semakin cerah dan mempesona. Jika anda ingin warna ikan anda menjadi cerah, bisa juga menggunakan obat supaya warnanya cepat naik. Akan tetapi pemberian obat pewarna instan bisa berakibat ikan tidak bisa tumbuh dengan maksimal atau bisa juga menjadikan ikan tersebut tidak bisa bereproduksi alias mandul.

Jenis Ikan hias Discus berdasarkan strain dan diwarnanya serta corak tubuhnya dibagi menjadi lima kelompok, untuk lebih jelasnya anda bisa baca Jenis Ikan Hias Discus

Ikan Hias Air Tawar Termahal sekawanan discus


Cara Merawat Jenis Ikan Hias Discus Dalam Aquarium

Percanpuran Ikan Discus dalam satu aquarium dengan ikan lain sangat tidak dianjurkan karena biasa menyebabkan ikan ini setres dan akhirnya mati, kalau dengan ikan sesama jenis tidak apa-apa.

Ikan Hias Air Tawar Termahal. disus 7 cm

Jika kita pelihara dengan baik dan benar, Ikan discus bisa tumbuh hingga ukuran berdiameter 7 cm lebih.

Ikan Hias Air Tawar Termahal tema aquarium
aquarium hias

Untuk dekorasi aquarium anda bisa mengambil tema bebatuan atau bisa juga aquascaping, cuma mungkin aga’ susah jika harus ditempatkan diaquascape. Memang akan terlihat semakin bagus pemandangannya tetapi ikan discus dan tanaman aquascape sangat bertolak belakang, dimana tanaman butuh air yang dingin sedangkan ikan discus tidak tahan dengan air yang dingin. Biasanya ikan discus ngga’ akan bertahan lama dalam kondisi seperti itu.

tema aquarium

Alasan Discus Termasuk Ikan Hias Mahal

Banyak orang bilang memelihara ikan hias discus agak sulit, kalau orng jawa bilang koyo ngemong cah bayek, tapi bagaimanapun juga ikan ini tetap banyak peminatnya dan sangat diminati oleh para hobbies maupun yang baru ingin memeliharanya. Warnanya memang menjadi daya tarik yang kuat yang membuat ikan ini bertahan dipasaran. Apalagi pengembang biakannya juga terbilang ga’ gampang lhooo. Karena ikan ini ga mau asal dijodohkan jika memang ikan ini tidak tertarik sama pasangan yang anda berikan, mungkin karena alasan inilah Discus termasuk Ikan Hias Mahal.

Ikan Hias Air Tawar Termahal diskus
Ikan Hias Air Tawar Termahal Diskcus

  3 Ekor Ikan Hias Mahal jenis Discus

1.  Albino Bulldog Chekerboard
 Albino Bulldog Chekerboard ikan hias cantik ini harganya lumayan tinggi, untuk ukuran 2,5 cm saja ikan Discus Albino Bulldog Chekerboard dikisaran Rp 12 juta.

Ikan Hias Air Tawar Termahal Albino Bulldog Chekerboard

2. Albino Bulldog Blue Diamon
Albino Bulldog Blue Diamon, ikan Discus yang satu ini sebenarnya masih salah satu kategori klasifikasi dengan ikan discus Albino Bulldog Chekerboard, masalah harga juga sejajar ya'ni disekitar Rp 12 juta untuk ukuran 2,5 cm.

Ikan Hias Air Tawar Termahal Discus Albino Bulldog Blue Diamond
3. Bulldog Leopard Snake
Sedangkan bulldog Leopard Snake yaitu tipe klasifikasi ikan discus yg harganya mencapai kisaran Rp 10 juta.


Ikan Hias Air Tawar Termahal Diskus Bulldog Leopard Snake


Seperti yang kita ketahui Discus adalah rajanya ikan hias air tawar dikarenakan ikan ini amat sangat menarik dari bentuk dan warnanya dan sifat dari induknya yg unik, perkembangbiakannya yg susah diduga, pasar ekspor & lokal yg luas, & harga benih & induk yg relatif mahal. Tidak heran jika ikan Diskus termasuk dalam kategori Ikan Hias Mahal.


Terima kasih atas kunjunganya semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus