Wednesday, 19 August 2015

Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium


majalahikan.com- Berbicara tentang ikan hias akuarium sangatlah banyak jenisnya, tapi disini tidak disebutkan ikan koi. Kebanyakan para penghobi ikan hias menyukai ikan hias karena warnanya yang cantik. Sesuai dengan judul, disini tempatnya ikan hias air tawar yang dinikmati keindahanya pada akuarium, lain halnya ikan hias koi, keindahan warnanya akan terlihat ketika ditempatkan di kolam, walaupun ikan koi termasuk jenis ikan hias air tawar.

 1. Ikan cupang

Ikan cupang (Betta sp) merupakan ikan hias air tawar yang mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif, ikanya mungil, warna dan jenisnya berfariasi membuat ikan ini banyak memikat hati para pecinta ikan hias.

Cupang Termasuk Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium



Banyak orang mencari ikan cupang untuk menikmati indah warnanya atau untuk diadu, karena ikan hias cupang juga sering disebut sebagai ikan petarung.

2. Ikan Komet

Ikan hias air tawar yang satu ini akan terlihat sangat cantik jika air akuariumnya jernih. Geraknya lamban nan elok, warna dasarnya putih perak  dan terasa seperti ditempeli warna merah menyala serta bentuknya yang unik  membuat ikan hias komet sangat menawan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium komet

Ikan Komet nama latin (Langkahssius auratus) di kembangkan di Amerika pada akhir abad -19, dan namanya di ambil dari benda angkasa Komet Helley ini begitu mempesona untuk melengkapi koleksai akuarium anda.

3. Ikan Mas Koki

Bentuk ikan hias air tawar koki sangat gokil, cara berenangnya yang geal-geol ditambah jenis dan warnanya yang berfariasi serta harganya yang ekonomis membuat koki  jadi ikan hias yang sering kita jumpai di rumah-rumah yang ada akuariumnya.


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium koi

4. Ikan Arwana (Scleropages formosus)

ikan arwana adalah ikan hias air tawar termahal di Indonesia, disebut juga ikan naga atau siluk merah, sebuah kepercayaan jika memelihara membawa keberuntungan/dilimpahkan rizkinya  menjadikan ikan ini termasuk dalam kategori ikan hias mahal.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium arwana


5. Ikan Angel Fish/Manfish

Angel Fish/Manfish (Pterophyllum scalare) ikan hias air tawar yang satu ini bentuk tubuhnya pipih dan seperti anak panah punya banyak warna, perilaku, dan bentuknya yang unik akan melengkapi ragam jenis ikan di akuarium.


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium manfish

6. Ikan Bala Shark

Ikan hias air tawar Bala Shark ( Balantiocheilos melanopterus) adalah  Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium yang tubuh layakna terpedo dan sirip besar bak ikan hiu, matanya bulat besar sangat membantu ikan ini menagkap mengsa.


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium bala shark

7. Ikan Sumatra ( Puntius tetrazona)

Disarankan untuk memelihara jenis ikan hias air tawar sumatra, akuarium diisi dengan tumbuh-tumbuhan air, kerena ikan ini gemar bermain. Ikan sumatra bergerak bebas serta gesit, ikan ini suka makanan mangsa hidup seperti jentik- nyamuk, kutu air dan cacing.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Ikan Sumatra

8. Ikan Black Ghost 

Nama latinya (Apterontus albifrons), karena bentuknya seperti bulu ayam ikan hias air tawar Black Ghost juga disebut ikan hias bulu ayam. Sebutan Black Ghost/Setan Hitam dikarenakan ikan ini warnanya hitam dengan sedikit lilitan putih di ujung ekor. Namanya yang terkesan angker tapi tidak dengan sifatnya, ikan ini malah suka bersahabat dengan ikan lain.
  
Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Black Ghost

9. Ikan CatFis

 CatFis adalah ikan hias air tawar yang tubuhnya memanjang dan licin, warnanya hitam bagian atas dan putih pada bagian bawah tergolong ikan hias yang di gemari.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Catfis


10. Ikan Molly (poecilia sphenops) 

Ikan hias air tawar Molly ragam warnaya sangat banyak cantik dan menarik, cocok disatukan dengan ikan lain dalam satu akuarium, karena ikan ini bersahabat alias mempunyai sifat damai.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Molly




11. Ikan Lemon (labidochromis)

Ikan hias air tawar Lemon termasuk ikan yang sangat agresif dianjurkan tidak menyatukan ikan ini dengan ikan hias lain. Warnanya yang sperti jeruk lemon yang sudah matang akan sangat cantik dengai air akuarium yang jernih.


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Lemon


12. Ikan Sepat Hias

Ikan hias air tawar yang satu ini disebut pula ikan sepat mutiara, karena warna pola ikan ini butir-butir kehijauan atau keperakan. Ikan mutiara  biasanya gemar di permukaan hingga setengah kedalaman air sehingga di akuarium akan terlihat sangat cantik.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Sepat Hias


13. Ikan Swordtail (Xiphophohorus helleri)

Ikan hias air tawar swordtail punya corak warna dan bentuk tubuh yang sangat beragam akibat mutasi dan persilangan, pada awalnya ikan ini berwarna merah. Swordtail tergolong ikan yang gampang beradaptasi dalam berbagai kondisi air. Ikan Swordtail  yang ekornya panjang seperti pedang berasal dari Brazil.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Swordtail


14. Ikan Platy

Ikan hias air tawar Platy tergolong jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, untuk menjadikan ikan ini memeliki kualitas bagus tempatkan di akuarium yang ukuranya besar dan diberi makan pelet halus dan cacing.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Platy

15. Cardinal Tetra

Ikan hias air tawar Cardinal Tetra adalah ikan akuarium yang sudah populer akan tetapi masih kalah populer saudaranya neon tetra.


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Cardinal Tetra



16. Ikan Glassfin

Ikan hias air tawar Glassfin adalah ikan hias yang sampai dalam tubuhnya bisa kita lihat "transparan" warna merah hanya di ekor. Ikan ini hidup berkelompok, jadi akan terlihat sangat menarik untuk koleksi akuarium.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Glassfin


17. Ikan Barbir

Ikan hias air tawar Barbir berasal dari India, amat mudah untuk merawat ikan barbir, harganya yang ekonomis, warnanya cantik, berenangnya yang lincah gesit dan juga cepat menjadikan ikan barbir banyak digemari para pecinta ikan hias.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Barbir
 

18. Ikan Botia

Ini dia ikan hias Indonesia banget, cantik kan? Ikan hias air tawar Botia asalnya dari sumatra dan kalimantan, bukan di Indo saja, di luar negri tergolong ikan favorit dan banyak penggemarnya lho. Disaranin akuarium dikasih arus buatan, karena ikan ini habitat aslinya di sungai yang mengalir.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium botia



19. Ikan Belida (Chitala Lopis)

Ikan hias air tawar Belida dulunya adalah bukan ikan hias, karena tampilanya yang unik ikan menjadi ikan hias. Semula ikan belida adalah bahan baku untuk membuat pempek dan kerupuk khas palembang yang disebut kemplang.


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Belida



20. Ikan Neon Tetra (Ikan Neon Tetra)

IKan hias air tawar Neon Tetra sekilas mirip dengan ikan hias cardinal tetra, akan tetapi kalau diperhatikan dengan seksama ada perbedaan. Neon Tetra warna merahnya dari setenagah badan sampai ekor sedangkan cardinal tetra garis warna merahnya di sepanjang tubuh mulai dari kepala sampai ekor. 


Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Neon Tetra




21.Ikan Guppy (Poecilia reticulata)

Ikan hias air tawar Guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, ikan ini di masukan di Indonesia sebagai ikan hias sekitar tahun 1920an.

 Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Guppy


 22.Ikan Congo Tetra

Ikan hias air tawar Congo Tetra di akuarium yang terang kombinasi warna pelanginya akan terlihat sangat cantik. Ikan ini berasal dari Congo di benua Afrika. 

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Congo Tetra


23. Ikan Niasa

Ikan ini lumayan agresif jadi diharuskan berhati-hati jika ingin mencampur dengan ikan lain, nama inggrisnya Auratus. Warnanya coklat atau tubuh hitam dan garis-garis biru atau kuning terang pada bagian atas tubuh untuk laki-laki dewasa. Sedangkan untuk betina kuning cerah dengan garis-garis hitam dan putih pada bagian atas tubuh.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Niasa

24. Ikan parrot

Ikan hias air tawar  ini parrot terlihat sangat bagus jika dipelihara beramai-ramai, ikanya ramah dikelompokan dengan ikan hias louhan. berbeda dengan jenis ikan hias luohan yang suka menyendiri dan mempertahankan teritorial dengan menyerang ikan lain.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Parrot

25. Ikan Palmas

Ikan hias air tawar Palmas adalah predator atau pemakan daging alias (karnivora), di sarankan akuarium di kasih tutup supaya ikan palmas tidak keluar, karena ikan palmas punya sirip yang kuat di bagian dada yang digunakan untuk merayap. Ikan palmas disebut juga ikan naga karena ikan ini bisa berjalan dengan ekor dan sirip di dasar air.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Palmas

26. Ikan Red Zebra (Brachydanio Rerio)

Ikan hias air tawar Red Zebra berasal dari wilayah Himalaya, ikan ini sangat populer. Dalam kondisi ideal ikan ini berumur sampai lima tahun, di penangkaran berumur dua sampai tiga tahun, ada juga yang berumur delapan tahun akan tetapi sangat langka.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Red Zebra

27. Ikan Red Fin

Ikan hias air tawar Red Fin berasal dari vietnam, warnanya yang sangat menarik membuat ikan ini punya banyak penggemar, jangan lupa untuk memelihara ikan ini dikasih tempat untuk bersembunyi, karena ikan ini tergolong ikan yang menyerang jikalau ada ikan yang mendekati daerah kekuasaanya. 

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Red Fin

28. Ikan Spatula

Ikan hias Spatula dari segi warnanya tidak seindah atau secantik ikan hias yang lain, biasanya penghobi ikan ini adalah penghobi ikan hias extrim. Mulutnya yang moncong dan giginya yang tajam menjadikan ikan ini disebut juga ikan buaya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Spatula



29. Ikan Oscar

Ikan hias air tawar Oscar adalah jenis ikan hias yang agresif, lebih baik jangan menyatukan ikan ini dengan ikan hias yang lain. Ikan Oscar sangat istimewa, karena ikan ini mengakui keberadaan pemiliknya, ikan ini mengibaskan ekornya atau menggelengkan kepala jika melihat majikan/pemiliknya.

 Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Oskar


30.Ikan Flying Fox (Epalzeorhynchos kalopterus)

Ikan hias Flying Fox akan sangat merasa nyaman bila tempatkan di akuarium besar dan jangan lupa dikasih tempat bersembunyi.

Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium Flaying Fox
Sebenarnya Jenis Ikan Hias Air Tawar  Aquarium sangat banyak, tapi admin sementara posting ini dulu. Untuk menambah pengetahuan tetang jenis-jenis ikan hias warnaya yang cantik, kunjungi juga ikan hias air tawar terindah. Terima kasih, dan semoga tulisan ini memeberi manfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua